Alasan kenapa script PHP harus memakai Timezone

Hai teman-teman DumetSchool !

Dunia internet memunculkan istilah baru yaitu dunia yang borderless dimana antara tempat yang satu dengan tempat yang lain dapat berhubungan tanpa melihat batas Negara bahkan benua. Hal ini juga memungkinkan untuk sebuah perusahaan mencari konsumen dari luar negeri. Misal saya sebagai orang Indonesia membeli domain di perusahaan USA. Bisa juga saya menyewa hosting di Singapura.

Lalu apa hubungannya dengan penggunaan time zone php di script yang kita gunakan?

Umumnya settingan waktu server yang digunakan adalah menggunakan bagian waktu(time zone) di Negara dimana server tersebut berada. Jadi, jika kita menggunakan server di Belanda maka hasil penggunaan fungsi date di php akan berbeda dengan waktu di Indonesia.

Dengan demikian seyogyanya dan alangkah baiknya jika kita ingin menggunakan fungsi date php dengan pengunjung orang Indonesia maka gunakanlah script berikut di awal script PHP teman-teman.

date_default_timezone_set("Asia/Jakarta");

Data Date yang dihasilkan dapat dimanipulasi lebih lanjut menjadi WIT, WITA dengan sedikit perubahan. Akhirnya, hasil dari fungsi date tidak akan aneh lagi.

Semoga bermanfaaat bagi teman-teman

22 Maret 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat