Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator

Halo semuanya kembali lagi bersama saya pada artike artikel menarik yang ada hanya di dumetschool.com saja. Pada kesempatan kali ini saya akan membandingkan dua buah software deseign yang cukup terkenal untuk kalian secara mudah dan singkat.

Dua buah software terkenal untuk bidang design grafis besutan Adobe memang sudah diakui oleh masyarakat dunia, yaitu Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Pada kesempatan kali ini saya akan membandingkannya Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator secara lengkap dan singkat.

Berikut penjelasan singkat dari perbandingan antara Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator secara lengkap dan singkat :

Adobe Photoshop

Software ini berfokus untuk pengeditan foto atau gambar menjadi design yang baru. Basis gambarnya adalah pixel sehingga akan berketergantungan dengan jumlah resolusi untuk kualitas gambartnya dan file yang dihasilkan ber extensi .psd.

Adobe Illustrator

Software ini adalah berfungsi untuk membuat object object unik, maupun illustrasi yang unik lainnya. Basis gambar dari software ini adalah vector sehingga tidak pecah dan file yang dihasilkan ber extensi .ai.

Tools

Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator

Kalau kita perhatikan tools toolsnya, ada beberapa tools yang sama antara kedua buah software tersebut. Namun tetap balik lagi seperti penjelasan saya diatas kalau adobe photoshop karena untuk editing foto atau gambar sehingga tools yang ada untuk mengedit seperti selection tools maupun crop.

Jika Adobe Illustrator toolsnya lebih banyak untuk pembuatan object seperti shape hingga pen tools.

Pallet Windows / Panel

Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator

Pallet windows atau panel ini saya perbandingkan secara defaultnya photoshop dan illustrator yaitu pada workspace Eseential. Pada Adobe Photsohop panel lebih focus untuk mengaturan layer sehingga layer yang lebih dominan dan wajib ada. Pada Adobe Illustrator hanya pengaturan tambahan saja seperti gradient dan transparansi.

Sebenarnya dari kedua perbandingan Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator secara lengkap dan singkat itu diatas kita sudah bisa memahami bahwa, Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator pada dasarnya adalah mirip namun yang menjadikan beda adalah proses kerjanya dan hasil akhirnya.

Photoshop khusus untuk mendesign foto atau gambar dari bahan foto yang sudah ada, namun Illustrator ini khusus untuk membuat object object baru. Keduanya beda namun saling melengkapi untuk menghasilkan desain yang baik. Semoga materi Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator secara lengkap dan singkat ini dapat membantu.

Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat belajar dan terimakasih :).

22 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat