Yang Harus Kamu Pelajari Untuk Menjadi Web Developer

08/03/2016    Reza Indra    2501     Artikel Bebas

Untuk teman-teman yang mengerti dunia IT, pasti sudah tidak asing lagi dengan profesi yang satu ini, seseorang yang berkecimpung dalam pengembangan website atau bahasa kerennya “Web Developer”. Banyak yang mengatakan, menjalani profesi sebagai web developer sangatlah susah, mengingat syarat pertama untuk menjalani profesi ini adalah harus mengerti kode program yang cukup rumit, tidak pernah berhenti untuk belajar dan rentan kena stres.

Well, itu semua memang ada juga benarnya, tapi saya rasa semua profesi memiliki tingkat kesulitan yang sama, tinggal yang menentukan adalah passion kita arahnya kemana. Sebagai contoh, menjadi seorang Dokter pun juga sangatlah berat kalau kita pikir, bagaimana dia bekerja menyelamatkan nyawa seseorang itu tidak mudah.

Untuk menjadi seorang Web Developer, hal pertama yang harus dipahami adalah kamu harus tahu apa passion yang kamu miliki, umumnya seorang web developer suka hitung-hitungan (matematika), semua yang berhubungan dengan ilmu pasti dia sangat suka, kemudian hal kedua biasanya dia rajin belajar, segala sesuatu diselesaikan dengan logika, dan tidak terlalu banyak ngomong (tapi tidak semua juga ya). Kalau salah satu yang saya sebutkan tadi ada di diri kamu, berarti kamu punya bakat untuk menjadi seorang web developer.

Nah itu tadi kita masih membahas seputar profesi Web Developer, selanjutnya saya akan mengarahkan teman-teman, mengenai apa-apa saja sih yang harus dipelajari kalau kita mau menggeluti profesi ini:

1. HTML dan CSS

Ini adalah makanan wajib atau pokok seorang web developer. Mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus menguasai bahasa pemrograman ini. Belajar HTML dan CSS tidak susah kok, dalam sebulan bahkan kurang kamu sudah bisa menguasainya.

HTML dan CSS ini adalah kerangka atau tampilan sebuah website. Ibaratnya manusia HTML dan CSS ini adalah tubuh, kalau handphone adalah casing.

2. Twitter Bootstrap

Twitter Bootstrap atau Bootstrap adalah kerangka kerja HTML dan CSS, dimana di dalamnya sudah tersedia komponen-komponen website, misalnya seperti menu navigasi, table, form dll. Jadi dengan Bootstrap ini kita dapat membuat tampilan website dengan waktu yang lebih singkat. Belajar Bootstrap tidak diwajibkan, namun akan sangat menguntungkan sekali kalau kamu menguasainya.

3. Javascript dan jQuery

Javascript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat tampilan website menjadi lebih interaktif. Dengan Javascript kita bisa membuat efek-efek animasi seperti flash, misalnya slidershow, pop up gambar dll. Untuk lebih mudah mempelajari Javascript ada sebuah library yang bernama jQuery. jQuery adalah library Javascript dimana perintah-perintahnya lebih disederhanakan. Javascript dan jQuery tidak wajib kamu kuasai, karena tanpa ini pun kita bisa membuat website dinamis.

Plugin jQuery yang sudah jadi banyak tersebar di internet, jadi kamu hanya perlu tahu cara menggunakannya dan membuat perintah-perintah sederhana yang dibutuhkan saja.

4. Photoshop

Photoshop mungkin kamu sudah tahu ya, ini adalah tool yang digunakan untuk mengedit foto, gambar, banner dll. Tool ini tidak wajib kamu kuasai terlebih kalau kamu sudah punya tim desain. Setidaknya saya sarankan kamu hanya cukup tahu cara menggunakannya.

5. PHP Basic dan MySQL

PHP adalah bahasa pemrograman ke tiga yang wajib kamu kuasai setelah HTML dan CSS kalau kamu ingin menjadi web developer. Dengan PHP kita bisa membuat website dinamis seperti Toko Online, Portal Berita, Company Profile dll.

Ibarat manusia PHP ini adalah nyawa, ibarat komputer PHP ini adalah Prosesor. Jadi bisa anda bayangkan seberapa pentingnya PHP dalam sebuah website. Tanpa PHP website yang kita buat, hanya sebatas tampilan (UI) atau biasa disebut website statis atau landing page. Kita tidak bisa buat sistem otomatis seperti posting artikel, login, komentar dll.

MySQL adalah tool bahasa SQL yang digunakan mengelola Database atau biasa disebut DBMS. Biasanya untuk belajar MySQL/SQL, labih bagus sambil berbarengan dengan PHP. Jadi kamu tidak perlu belajar MySQL secara khusus, kecuali mau menjadi Analis Database.

6. PHP OOP

PHP OOP ini adalah kelanjutan atau tingkat advanced dari PHP basic. OOP mengajarkan bagaimana membuat program PHP dengan lebih rapih dan terstruktur. Kalau kita hanya sekedar ingin bisa buat website sederhana, tidak perlu untuk menguasai OOP. Tapi kalau kita ingin menjadi Web Developer profesional dan ingin membuat sistem yang enterprise seperti Toko Online, Forum dll, OOP sangat wajib kamu kuasai.

7. PHP Framework

PHP Framework adalah kerangka kerja PHP yang di dalamnya sudah tersedia banyak library atau kode program yang sudah jadi dan tinggal kita pakai, sehingga bisa menghemat waktu dalam membangun sebuah website.

Ibarat kita mau membangun sebuah rumah, PHP Framework ini sudah menyediakan semua bahan bangunannya dan tinggal dipakai. Ibarat motor, PHP Framework ini sudah menyediakan semua komponennya tinggal kita rakit sesuka kita.

Untuk bejalar PHP Framework, kamu harus menguasai dulu PHP basic dan MySQL serta PHP OOP.

Jadi itulah daftar apa-apa saja yang kamu harus pelajari untuk menjadi seorang Web Developer. Sebenarnya itu tidaklah susah kalau kamu punya passion dan semangat. Di DUMET School sendiri sudah menyediakan beberapa paket kursus yang ditujukan bagi teman-teman yang ingin mendalami pemrograman website. Nanti kamu akan diajarkan dari nol bagaimana cara membangun website menggunakan HTML, CSS, PHP, Javascript dll. Paket yang harus kamu ambil adalah Web Master atau Web Design dan Web Programming.

Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa!

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More