Yahoo Directory Closed

Yahoo Directory, adalah direktori web yang berasal dari Proyek Direktori Terbuka atau sering disebut sebagai mesin pencari. Yahoo Directory merupakan salah satu layanan pertama milik Yahoo. Layanan tersebut dikabarkan saat ini sudah tutup. Awalnya layanan tersebut akan pensiun pada 31 Desember 2014, akan tetapi penutupan tersebut dipercepat pada 27 Desember 2014.

Sebenarnya, pengumuman mengenai hal penutupan Yahoo Directory sudah direncanakan sejak September 2014 lalu, seiring dengan upaya Yahoo untuk menata fokus produknya. Pada 10 Desember 2009 silam layanan Yahoo Directory di Perancis, Jerman, Spanyol, dan Italia terlebih dahulu sudah tutup.

Pada masa kejayaannya dulu Yahoo Directory merupakan suatu mesin pencari yang paling terorganisir dibanding mesin pencari berbasis crawler generasi lama yang hasilnya cenderung tidak konsisten. Sistem manual itu efektif karena jumlah halaman website belum terlalu banyak seperti sekarang ini.

Yahoo Directory bekerja mengandalkan manusia untuk meninjau sebuah website, merangkum deskripsinya lalu mengaturnya ke dalam topik terkait. Misalnya, jika Anda ingin mencari sebuah situs tentang Permainan [Game], maka Anda bisa klik topik “Computers and Internet”, lalu pilih Games untuk melihat situs-situs yang telah dikumpulkan.

Pada tahun 1996-1999 terdapat banyak website yang mengantri untuk bisa masuk ke dalam daftar situs baru di Yahoo Directory. Karena, Pada masa itu, para pemilik situs khawatir webnya tidak akan ditemukan orang bila tidak terdaftar di Yahoo.

Namun, kini sudah banyak orang mencari informasi menggunakan mesin pencari Google. Nah, saat ini jika nanti para pengunjung mencoba untuk membuka Yahoo Directory di situs dir.yahoo.com maka akan dialihkan ke alamat business.yahoo.com yang memiliki logo Yahoo Small Business.

30 Desember 2014

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat