Waspada Terhadap Fitur Like Di Facebook

Bagi kalian yang aktif di jejaring sosial Facebook pasti mengenal fitur Like. Fitur Like merupakan salah satu fasilitas yang paling populer digunakan oleh para pengguna aktif Facebook. Biasanya, fitur Like digunakan sebagai cara mengekspresikan rasa setuju atau suka pada postingan yang ada di dinding akun seseorang. Namun, perlu diketahui bahwa kalian harus waspada terhadap fitur Like di Facebook.

Para penipu di dunia maya (scammer) biasanya memanfaatkan fasilitas Like sebagai sarana untuk mengambil keuntungan dengan menggunakan metode “Like Farming”. Sedikit informasi mengenai Like Farming, metode tersebut bisa diibaratkan seperti memanen hasil kebun (farming). Like Farming ialah upaya para penipu mengumpulkan sejumlah Like dan Share di Facebook dengan menggunakan postingan cerita, gambar, maupun video tertentu yang bisa menarik perhatian para pengguna Facebook lainnya.

Jika para pengguna Facebook banyak yang melakukan Like dan Share, maka akan semakin besar postingan tersebut muncul di dinding pengguna Facebook. Hal tersebut berdampak negative, para penipu bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual akun tersebut pada pihak tertentu yang membutuhkan sejumlah Like, biasanya dilakukan oleh para penjual Fan Pages di Facebook. Selain itu, postingan bisa mengarah pada sebuah tautan yang berakibat menyebarkan konten – konten berbahaya, seperti kasus Gadis Mabuk, dan masih banyak lagi.

Tanda – tanda para penipu dalam melakukan Like Farming di Indonesia biasanya menggunakan gambar atau foto sedih dan meminta pengguna melihat gambar atau foto tersebut untuk mendoakan objek pada gambar sedih tersebut, dengan cara memberikan Like atau mengetikkan “Amin” atau “Komentar”. Selain itu, bisa menggunakan tulisan menggunakan cerita tertentu untuk manarik simpati para pengguna Facebook yang membacanya, yang berujung pada Like dan Share.

Jika Like Farming menggunakan video kebanyakan scammer menggunakan video yang tidak pantas dan ditambahi judul yang membuat orang penasaran sehingga tertarik untuk melihat video tersebut. Tanpa sadar video tersebut sudah disisipi sebuah tautan pada halaman berbahaya yang memungkinkan scammer untuk mengetahui informasi pribadi seseorang.

Jadi, bagi kalian para pengguna aktif Facebook yang sering Like dan Share, kalian perlu waspada terhadap fitur Like di Facebook. Selain itu, kalian perlu waspada terhadap permintaan pertemanan dari orang – orang yang tidak kalian kenal, karena para penipu dapat lebih mudah dilakukan bila orang tersebut terkait dalam pertemanan. Kalian harus lebih menjaga ketat keamanan dan privasi.

16 Maret 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat