Waspada Terhadap Aplikasi Gratis Di Smartphone

Pada zaman seperti sekarang ini, kita sudah tidak asing lagi dengan alat genggam yang selalu menemani aktivitas kita sehari – hari, dari mulai sibuk hingga memiliki banyak waktu luang pasti kita selalu menggenggamnya, alat tersebut kita kenal dengan sebutan Smartphone. Iya, smartphone merupakan sebuah alat yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari – hari manusia modern seperti sekarang ini. Smartphone menjadi sebuah alat penting bagi para pekerja, pemilik bisnis, bahkan pelajar. Namun, kalian pasti tentu mengetahui bahwa smartphone tanpa aplikasi akan terasa hambar. Banyak vendor – vendor menawarkan aplikasi gratis dan berbayar, disini kalian harus waspada terhadap aplikasi gratis di smartphone. Mengapa kalian harus waspada, padahal aplikasi gratis sangat menguntungkan bagi kalian. Berikut ini kita sama – sama simak alasannya.

Aplikasi seperti game, layanan pesan instan, dan lain sebagainya sangat mendukung aktivitas yang nantinya kalian jalani. Aplikasi gratis tentunya yang sering kalian pilih, selain dapat menghibur aktivitas kalian, aplikasi gratis juga mudah diinstal ketika kalian terhubung dengan jaringan WiFi, tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi, jadi kalian lebih memilih menginstall aplikasi gratis seperti di Play Store, Windows Store, dan lainnya.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa ternyata aplikasi – aplikasi gratis memiliki banyak sekali kelemahan, salah satunya menampilkan banyak iklan. Banyak bahaya yang akan terjadi dari aplikasi – aplikasi gratis yang ditawarkan oleh developer. Oleh karena itu, kalian harus waspada terhadap aplikasi gratis di smartphone.

Tahukah kamu bahwa aplikasi gratis yang sering menampilkan banyak iklan bisa menimbulkan sakit kepala. Para peneliti membuktikan bahwa dari sebuah hasil studi terbaru mengatakan, selain iklan aplikasi gratis dapat menguras baterai smartphone lebih cepat dan aplikasi gratis menggunakan lebih banyak kouta. Seorang peneliti William Halfond dalam presentasinya pada Konferensi Internasional tentang Rekayasa Perangkat Lunak (ICSE) di Italia pada bulan mei lalu, menuliskan bahwa “Iklan yang ada di aplikasi gratis dapat menguras baterai smartphone lebih cepat, aplikasi gratis juga diatur berjalan lebih lambat, dan aplikasi gratis dapat menguras kouta lebih banyak”.

Peneliti membandingkan aplikasi berbayar dengan aplikasi gratis bahwa banyak dari aplikasi gratis yang berbahaya diantaranya, pada aplikasi gratis yang menayangkan iklan menggunakan rata – rata 16% lebih banyak energi, sehingga menurunkan daya tahan baterai smartphone 2,5 – 2,1 jam dari waktu rata – rata. Central Preocessing Unit A telpon (CPU) bagaikan otaknya dan iklan yang memakan banyak kekuatan otak dapat memperlambat dan menurunkan kinerja CPU. Aplikasi gratis yang menampilkan iklan rata – rata 48 % mengambil waktu CPU, menggunakan memori 22 % lebih besar dan 56 % utilisasi CPU yang lebih besar (jumlah waktu CPU yang digunakan). Karena iklan sendiri merupakan sebuah konten yang telah diunggah, maka aplikasi dengan iklan menyebabkan smartphone menggunakan lebih banyak data hingga 100% lebih dalam beberapa kasus. Rata – rata aplikasi gratis menggunakan sekitar 79% lebih banyak data jaringan dan biaya yang keluar diperkirakan 1,7 sen setiap kali mereka digunakan berdasarkan rata – rata biaya per MB dibebankan oleh AT&T.

William Halfond mengatakan bahwa beliau berharap untuk menciptakan model – model yang akan memungkinkan pengembang aplikasi untuk memprediksi seberapa baik produk mereka akan diterima oleh masyarakat dan tanpa iklan. Apps adalah masa depan perangkat lunak, pikirkan jika kita semua terus menggunakan perangkat lunak daripada desktop yang ketinggalan zaman.

Jadi, dapat disimpulkan dan dapat kalian bayangkan bagaimana bahayanya jika kita sering menggunakan dan banyak menginstall aplikasi gratis, jika kalian sudah terlanjur menginstall aplikasi gratis sebaiknya dipilih – pilih kembali, begitupun saya harus banyak memilih mana yang baik dan mana yang buruk, tetaplah waspada terhadap aplikasi gratis di smartphone. Semoga bermanfaat

22 Oktober 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat