Validasi Hanya Angka Dengan onkeyup javascript

Halo dumenity, pada kesempatan kali ini saya akan membuat validasi sederhana dengan javascript menggunakan event onkeyup. Pada kasus ini saya akan membuat inputan hanya dapat dimasukkan angka. Berarti kita kuga membuat regexnya untuk mengatur hanya angka saja yang dapat diinputkan. Coba teman-teman perhatikan source dibawah ini :

 

See the Pen ZGGpyx by fachrul ahaddin (@fachruldumet) on CodePen.

 

Coba teman-teman masukkan huruf. Pasti tidak mau keluar kan? Dan sekarang coba teman-teman masukkan angkanya. Baru dapat terlihat inputannya. Sekarang teman-teman perhatikan HTMLnya. Pada tag <input /> terdapat atribut onkeyup="angka(this);". Itu salah satu event javascript dimana saat event tersebut dijalankan, maka fungsi angka akan diterapkan. Lihat bagian JSnya. Didalamm function angka ada kondisi pengecekkan menggunakan regex ( Regular Expression ) hanya angka = !/^[0-9]+$/.  Oke teman-teman. Itu sedikit yang saya sampaikan, semoga dapat menjadi referensi ya buat teman-teman. Terima kasih.

30 April 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat