Trik Mempercepat Kinerja Website

Pernahkah kamu mendapat komentar dari pengunjung website yang mengeluhkan lambatnya website yang kamu punya, sedangkan kamu sendiri merasa bahwa website kamu cepat diakses.

Website merupakan salah satu elemen penting untuk keberhasilan goals kamu, misalnya dalam hal penjualan. Jika website lambat diakses, tentunya pengunjung website bisa langsung beralih ke website yang lainnya, yaitu website kompetitormu.

Jika kamu mulai ragu terhadap kecepatan website yang kamu buat, yang perlu kamu lakukan adalah test kecepatan website. Berikut ini ada beberapa tools yang bisa kamu lakukan untuk memastikan apakah website yang kamu buat sudah cepat atau lambat.

Google Page Speed

Google Page Speed adalah tools yang disediakan oleh Google. Tools ini dapat memberikan perbandingan hasil test melalui perangkat mobile atau dekstop.

GTmetrix

GTmetrix adalah tools hasil dari kombinasi Google Page Speed dan YSlow. Hasil pengecekan kecepatan GTmetrix ditampilkan dalam bentuk skor dan Grade.

Pingdom

Pingdom memberikan informasi yang langsung dapat kita gunakan, yaitu Full Page Test, DNS Health, dan Ping and Traceroute. Cara kerja Pingdom yaitu menghitung load atau beban file-file yang terdapat di website kita menjadi per masing-masing bagian.

Page Scoring

Tools Page Scoring membantu kamu untuk mengecek kecepatan website dengan beberapa reporting seperti Connection Time, Page Size, Download Time.

Memiliki sebuah website dengan kecepatan yang tinggi adalah keinginan setiap pengelola website. Berbagai cara akan dilakukan untuk membuat websitenya menarik banyak pengunjung, mulai dari resize image hingga updating script. Hasil survei menyebutkan bahwasannya 50% pengunjung website berharap web yang mereka kunjungi dapat dibuka dibawah 2 detik, sedangkan 40% pengunjung website akan meninggalkan website jika web tidak terbuka dalam kurun waktu 3 detik.

Jadi, sebaiknya perhatikan website kamu sebelum para pengunjung web meninggalkan website yang kamu buat. Selamat mencoba.

12 September 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat