Tips Untuk Mengatasi WiFi Bermasalah

Sekilas membahas pengertian WiFi, WiFi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel dengan menggunakan gelombang radio melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi internet yang berkecepatan tinggi. Layanan WiFi menjadi salah satu kebutuhan yang dicari masyarakat kekinian. Saat ini tidak hanya di tempat umum saja, WiFi juga mulai bisa digunakan di rumah-rumah.

Namun, terkadang layanan WiFi mengalami masalah, berikut ini terdapat beberapa tips untuk mengatasi WiFi bermasalah. Tips ini bisa digunakan untuk memastikan jaringan WiFi dalam kondisi baik atau buruk, sehingga tidak terputus meskipun sudah di rumah.

Salah satu cara yang paling penting adalah penempatan router WiFi. Kalian harus memastikan bahwa penempatan router WiFi harus di tengah sehingga dapat menerima sinyal dengan baik. Selain itu, posisi router harus ditempatkan setinggi mungkin dan sebaiknya hindari dari tertutup barang-barang yang mungkin dapat mengganggu sinyal.

Bagi kalian yang menggunakan antena eksternal, pastikan reposisi antena, sehingga dapat tegak lurus satu sama lain. Perangkat WiFi dapat beroperasi dengan baik, ketika penerima dan pemancar beroperasi pada bidang yang sama.

Bagi kalian yang tinggal di rumah bertingkat, sebaiknya mempertimbangkan untuk upgrade pengaturan WiFi baik menggunakan repeater atau powerline adapter. Yang perlu kalian lakukan adalah mengubah kabel listrik di rumah menjadi sebuah sistem pengiriman internet. Kalian bisa pasang di adaptor WiFi dari kit jaringan Powerline dan penerimaan WiFi akan menjadi lebih baik.

Kalian juga bisa menggunakan perangkat lunak (Software) heatmapping. Software tersebut akan membantu kalian untuk lebih memahami jenis cakupan WiFi di rumah. Kalian bisa melakukannya dengan mudah setelah selesai dengan pengaturan jaringan nirkabel. Software tersebut akan memberitahu jenis cakupan yang diperoleh dan dimana posisi terbaik untuk browsing.

Dengan memiliki saluran yang tepat mungkin dapat menghapus beberapa kebisingan dan gangguan serta dapat meningkatkan kecepatan secara keseluruhan. Saluran 1, 6 dan 11 biasanya digunakan dengan pita spektrum 2.4 GHz sementara jika spektrum di 5 GHz kalian bisa memiliki banyak pilihan. Langkah-langkah tersebut bisa kalian gunakan. Semoga tips untuk mengatasi WiFi bermasalah bisa dilakukan dengan benar agar tidak mengalami permasalahan lagi dengan layanan WiFi. Jika tips tersebut tidak membantu kalian, maka kemungkinan besar layanan WiFi memiliki masalah yang besar, kalian bisa segera hubungi layanan WiFi yang bersangkutan. Selamat mencoba.

5 Januari 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat