Tips Mereset Nilai Auto Increment Pada MYSQL

Ketika membuat sebuah tabel di database MySQL, biasanya akan ada sebuah record atau field yang di jadikan sebagai PRIMARY KEY dengan fitur AUTO_INCREMENT yaitu memberikan nilai otomatis secara urut ketika data diinput. Permasalahannya jika temen temen punya sebuah field misalnya id yang dijadikan PRIMARY KEY AUTO_INCREMENT sebagai penomoran maka ketika sebuah data dihapus kemudian data diinputkan lagi, urutan nomor tidak akan berurutan. Nah Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu dilakukan reset nilai auto increment di database MySQL. Agar nantinya data yang dihasilkan menjadi lebih akurat dan baik.  Ada beberapa cara untuk bisa temen temen gunakan untuk mereset nilai auto increment yaitu Cara pertama menggunakan perintah ALTER TABLE yaitu mengubah struktur auto increment. Dengan cara ini Anda cukup menentukan nilai auto increment yang akan direset. Berikut perintahnya :

Penjelasan :
Perintah diatas akan mereset nilai auto increment ke nilai 1.
Cara kedua dengan perintah TRUNCATE, semua data akan dihapus dan field dengan auto increment akan direset kembali. Berikut perintahnya :

Penjelasan :
Menggunakan perintah TRUNCATE, berarti semua data didalam tabel akan terhapus. Hati-hati menggunakan perintah ini jika tabel temen temen memiliki data yang banyak dan penting.
Semoga bermanfaat.

23 Agustus 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat