Tips Memilih Framework PHP Yang Bagus

14/03/2016    Reza Indra    1643     Website

PHP adalah bahasa pemrograman website yang paling populer di dunia, lebih dari 80% website di dunia menggunakan PHP. Kini, membuat website aplikasi tidaklah susah berkat adanya framework PHP yang tersedia, framework sangat membantu programmer dalam membangun website dengan lebih efisien. Framework PHP yang terkenal saat ini seperti CodeIgniter, Laravel, YII, Phalcon, Symfony dll.

Setiap framework memiliki kelebihan masing-masing dan membuat kamu bingung mau pakai yang mana. Sebenarnya apapun frameworknya, itu tidak terlalu penting, yang menentukan bagus tidaknya website tergantung dari kita sendiri yang mengembangkan. Namun tidak ada salahnya juga kita membandingkan berbagai macam framework agar mendapatkan mana terbaik. Berikut adalah hal yang perlu kamu bertimbangkan untuk memilih framework yang bagus:

1. Populer

Poin ini sudah jelas menunjukan bahwa yang populer berarti memiliki kualitas yang baik. Populer artinya framework tersebut memiliki pengguna yang banyak, komunitas gampang dicari sehingga dapat menolong kamu untuk bertanya jika ada masalah.

2. Uptodate

Jika beberapa framework memiliki tingkat kepopuleran yang sama, poin ke dua yang dapat kamu bandingan adalah apakah teknologi yang digunakan uptodate, artinya mengikuti perkembangan versi PHP terbaru. Kamu jangan keenakan memakai framework dengan teknologi yang lama, cobalah terus mengupgrade skill kamu dengan mempelajari hal-hal baru dalam dunia programming.

3. Dokumentasi

Dokumentasi juga sangat penting dalam membantu kamu membangun sistem, walaupun framework tersebut canggih dari sisi teknologi tapi kalau dokumentasinya susah dimengerti, kita akan sangat kesulitan mempelajari sintak-sintaknya.

4. Security

Security adalah hal sangat vital, tapi percayalah kalau framework sekelas CodeIgniter, Laravel, YII dll pasti punya security yang baik. Biasanya security yang sering dipakai seperti XSS dan CSRF.

5. Simple

Ada beberapa framework yang diciptakan khusus untuk membangun aplikasi sederhana dan ada juga khusus untuk membangun aplikasi enterprise (canggih). Jadi, kamu harus tahu mana framework yang simple dan mana yang berskala enterprise, biar tidak salah pilih dalam membangun sistem.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More