Tips Memilih Bahasa Pemrograman

Saat ini ada puluhan bahasa pemrograman dengan jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Ada bahasa pemrograman untuk website, mobile, jam tangan, dan tentunya desktop. Untuk website saja ada cukup banyak, seperti PHP, Ruby, Python, ASP dll. Ini tentunya cukup membingungkan bagi para pemula. Berikut adalah tips memilih bahasa pemrograman.

1. Tentukan minat kamu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan minat kamu, apakah mau menjadi website developer, mobile developer atau desktop developer? untuk mempertimbangkannya, kamu bisa membandingkan dengan hal-hal berikut, misalnya mana peluang kerja yang lebih banyak, apa trend saat ini dan mana yang memiliki salary lebih besar. Seluruh keputusan kamu akan menentukan arah pembelajaranmu.

2. Pilih bahasa yang sederhana

Andaikan kamu sudah menentukan minat, maka yang selanjutnya kamu lakukan adalah pilih bahasa pemrogrammannya, sebagai contoh untuk mobile ada dua yang paling dianjurkan yakni iOS dan Android, untuk website ada PHP, Python dan Ruby. Pilihlah yang paling sederhana dan tidak ribet, misalnya kebutuhan software tersedia dan gratis, banyak ebook untuk mempelajarinya dan banyak komunitas untuk bertanya.

3. Baca beberapa panduan dasar berbagai bahasa pemrograman

Untuk mempermudah memilih bahasa pemrograman kamu bisa membaca panduan-panduan dasar, bisa dari Youtube, W3schools atau manapun. Dari panduan dasar tersebut kamu bisa melihat mana bahasa yang mudah dipelajari dari bahasa lainnya.
 

30 Mei 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat