Tips Membersihkan Dan Merawat Komputer Dari Debu

Hai teman-teman pada artikel kali ini saya akan memberikan tips membersihkan dan merawat komputer dari debu.

Seperti yang teman-teman ketahui isi di dalam CPU bila tidak kita bersihkan akan berdebu. Nah, bagaimana caranya agar saat kita membersihkannya tidak merusak RAM atau Harddisk. Berbeda dengan software komputer yang bisa dibersihkan dengan antivirus. Jika kamu ingin membersihkan komputer dengan aman harus ikuti langkah-langkahnya.

Fan dan Heatsink CPU

Bagian dari komputer yang terletak paling bawah dari CPU yang bertugas mengontrol asupan listrik agar bisa masuk ke berbagai komponen, sama halnya dengan jantung manusia yang memberikan supply darah ke berbagai komponen di dalam tubuh kita. Nah, komponen dalam CPU tersebut sering menjadi sarang debu dan bisa membuat kinerjanya terganggu.

Cara membersihkannya bisa dengan menggunakan kuas bersih pada bagian Fan Heatsink CPU, pertama kita harus memisahkan kedua bagian tersebut. Kemudian buka Fan yang menempel pada Heatsink. Lalu bersihkan Heatsink dengan lap basah dan bersihkan Fan sama seperti membersihkan Fan Casing.

RAM

Komponen yang bertugas untuk memberikan informasi ke Motherboard dan langsung ditayangkan ke Monitor dengan cepat. Maka, kita harus menjaga kebersihan RAM karena jika kita tidak membersihkannya bisa terjadi hang [loading lama].

Cara membersihkannya, kamu harus hati-hati agar tidak merusak bagian dari RAM. Pertama lepaskan RAM dari Socketnya, gunakanlah penghapus pensil. Gosok perlahan bagian pin pin ram [yang berwarna emas], gosokkan perlahan hingga bagian pin terlihat mengkilat. Kemudian, bersihkan socket RAM denga kuas kecil.

Harddisk

Harddisk adalah komponen yang sangat penting, karena semua data ada disana, baik data yang dari komputernya sendiri maupun data pribadi. Komponen yang satu ini sebenarnya bila tidak dibersihkan tidak akan menjadi masalah besar. Tapi, jika tidak dibersihkan, debu akan berpindah ke beberapa komponen yang lain.

Cara membersihkannya sangat mudah, gunakan kuas yang berukuran sedang untuk membersihkannya, kemudian gunakan lap basah untuk membersihkan sisa-sisa debu yang menempel. Jadi, rawatlah Harddisk sesering mungkin agar Harddisk awet dan berjalan dengan baik.

Nah, sekarang tips merawat komputer agar terhindar dari debu.

  1. Jangan simpan CPU terlalu dekat dengan tembok atau yang lainnya. Berilah ruang yang cukup besar, agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar. Hindari CPU dari tempat yang kemungkinan besar akan terkena debu.
  2. Saat kamu membersihkan CPU, jauhkanlah dengan komponen-komponen lain yang juga sedang dibersihkan, agar debu tidak masuk lagi ke dalam komponen lain.
  3. Kamu bisa mengecek dan membersihkan minimal setiap satu bulan sekali.
29 September 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat