Tips Memastikan Data Kamu Aman!

Umumnya setiap orang mempunyai data tentang dirinya, seperti data perusahaan, data pribadi baik yang bersifat umum ataun private. Terkadang data-data private ini menjadi harus sangat dijaga, jangan sampai diketahui oleh orang yang tidak diinginkan.

Sekarang banyak cara yang bisa dilakukan oleh para penjahat cyber untuk mencuri data rahasia, bisa melalui malware, phising, atau keylogger dengan mencuri ID dan Password. Berikut adalah tips untuk memastikan data kamu terjaga dengan aman.

1. Backup

Selalu pastikan data pribadi kamu telah backup, untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tidak sengaja terhapus, atau dirusak oleh orang lain. Untuk membackup data, kamu bisa menggunakan Harddisk External atau menggunakan layanan Cloud Storage seperti Google Drive atau Dropbox.

2. Enkripsi Data di Perangkat Portable

Enkripsi sangat penting agar aman dari tindak pencurian. Enkripsi data bisa dilakukan dengan tools seperti BitLocker bagi para pengguna Windows.

3. Hapus data dengan aman

Saat kamu akan menghapus data, pastikan data itu benar-benar terhapus dengan bersih, karena jika tidak data-data itu masih bisa didapatkan kembali dengan sebuah tools untuk recovery.

4. Matikan File dan Media Sharing

Ini terjadi jika dalam satu rumah atau gedung memiliki koneksi yang sama, sehingga LAN atau media sharing nya aktif. Jika ini terjadi, pastikan data-data milik kamu tersimpan pada folder yang tidak bisa dijangkau orang lain, atau lebih baik matikan koneksinya.

1 Mei 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat