Tips Dan Trik Mudah Mengoperasikan Komputer

Sekarang ini sudah tidak asing lagi menggunakan komputer, laptop, maupun gadget lainnya. Namun, perlu kalian ketahui bahwa di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini masih saja ada beberapa orang yang kesulitan mengoperasikan komputer, sebenarnya tak perlu berlatar belakang IT kalian sudah bisa dengan mudah mengoperasikan komputer. Kalian bisa mempelajari tips dan trik mudah mengoperasikan komputer.

Bagi kalian para pengguna komputer pemula, pasti akan kesulitan mengoperasikan komputer, karena mengoperasikan komputer ialah langkah awal, sebelum kalian lebih dalam lagi memahami isi program – program yang ada di dalam komputer nantinya. Awalnya, mungkin akan terasa sulit namun jika pengguna sudah mulai terbiasa maka akan terasa mudah dioperasikan. Oleh karena itu, kalian perlu cermati dengan baik cara – caranya. Di dalam artikel kali ini akan ada beberapa tahapan untuk kalian para pengguna pemula komputer. Yuk simak baik – baik tips dan trik mudah mengoperasikan komputer berikut ini:

Langkah pertama, Cara Menyalakan Komputer. Nah, sebelum menyalakan komputer kalian harus memperhatikan beberapa hal, misalnya memastikan perangkat – perangkat seperti Monitor, Kabel Power, Keyboard, dan Mouse dalam keadaan terhubung ke “Power Supply” dan pastikan PC sudah terinstall sistem operasi. Kemudian ikuti langkah – langkah menyalakan komputer berikut ini:

  • Tekan tombol power pada CPU, kemudian ikuti dengan menekan tombol pada monitor.
  • Tunggu beberapa saat (proses loading) hingga muncul jendela Windows dan komputer siap untuk digunakan.

Langkah kedua, Mengoperasikan Komputer. Setelah komputer sudah menyala, maka langkah selanjutnya ialah mulai mengoperasikan komputer. Jika pengguna ingin lebih cepat menguasai komputer, maka gunakanlah komputer yang mendukung sesuai dengan kebutuhan pengguna dan tetap bertujuan untuk belajar komputer. Jika pengguna bertujuan belajar komputer untuk mengetik, maka pengguna bisa memulai membuka aplikasi Microsoft Office (Microsoft Word, Excel, Power Point, Access, dan lain sebagainya). Pengguna bisa memulai mengetik kemudian berkirim pesan, mengirim email, membuat surat yang menunjang pekerjaan kantor nantinya, dan pengguna juga perlu pengetahuan tentang internet agar nantinya membantu meringankan pekerjaan pengguna.

Langkah ketiga, Mematikan Komputer. Untuk mematikan komputer pengguna tidak diperbolehkan langsung mencabut kabel power, dikarenakan akan merusak komputer nantinya. Jadi, pengguna juga perlu mengetahui cara mematikan komputer dengan benar, berikut ini langkah – langkah untuk mematikan komputer atau sering dikenal dengan sebutan “Shutdown”.

  • Tutup semua aplikasi yang sudah digunakan.
  • Klik menu “Start (XP) atau yang berlogo Windows 7 yang berada di pojok kiri bawah.
  • Pilih “Shutdown”, kemudian tunggu beberapa saat hingga komputer sudah benar – benar mati dan lampu di monitor mati.
  • Setelah itu, tekan tombol pada monitor dan speaker, stabilizer, dan perangkat komputer lainnya.
  • Kemudian, cabut kabel dari stop kontak, guna untuk menghemat daya dan mengantisipasi terjadinya korsleting listrik.

Tips dan trik mudah mengoperasikan komputer harus dilakukan secara bertahap, selain teratur dapat juga memperpanjang usia pemakaian komputer, nantinya komputer akan selalu fresh dan jarang bermasalah. Jadi, bagi para pengguna yang baru saja belajar mengoperasikan komputer harus sabar dan teliti. Selamat mencoba

24 September 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat