Tipe Tipe Klien para Desainer Grafis

20/06/2016    Raditya Noveraldo    1734     Desain

Mamasuki era dimana-mana menggunakan teknologi para produsen product berlomba-lomba membuat branding agar product nya terkenal, dan disinilah peran penting Desainer Grafis. Namun tidak banyak para desainer baru tak mengetahui tipe-tipe klient yang berkembang di masyarakat olehnya para Desainer grafis selalu dituntut untuk pandai-pandai dan komunikatif dalam berinteraksi dengan kliennya. Hal ini tentu tidak mudah, kadang tindakan klien sering diluar dugaan dan tidak bisa ditebak. Jika sudah begini, tantangan bagi desainer adalah menjaga ritme project agar tetap berjalan di jalur yang tepat dan berakhir happy ending.

 

Banyak tipe klien yang berbeda-beda sesuai individunya namun bisa kita kelompokan sebagai berikut, dan inilah Tipe Tipe Klien para Desainer Grafis antara Lain :


Orang Penting
Tipe klien seperti ini biasanya super sibuk dan proyek dari mereka harus diutamakan dan selesai dalam deadline yang secepat cepatnya. Baiknya, mereka tidak mempermasalahkan soal bayaran dan selalu memiliki budget yang bagus, sesuatu yang membuat permintaan klien semacam ini sulit untuk ditolak.

Bingung & Ragu-ragu
Tipe seperti ini tidak hanya pribadi yang bingung dan ragu-ragu, tapi juga membingungkan orang lain yang dalam hal ini adalah desainernya. Mereka sendiri tidak tau apa yang mereka inginkan. Hasil dari membingungkan itu membuat pengerjaan desainnya menjadi lama.


Perfeksionis
Tipe klien seperti ini selalu menginginkan segala sesuatu selesai dengan sempurna. Akan ada banyak sekali revisi sampai kepada detail-detail yang kecil. Klien dengan tipikal perfeksionis juga selalu tepat waktu dan tidak mau menunda pekerjaan. Tipe ini biasanya sangat sulit menerima masukan ide ide dan biasnya desainer menjadi bete dengan banyaknya revisi yang diinginkan.

Menyenangkan
Sangat bahagia jika kamu mendapatkan proyek dari klien seperti ini. Mereka pribadi yang menyenangkan dan mudah bergaul. Bagaimana pun desain yang kamu kerjakan, mereka akan merespon dengan sangat baik, seperti : "Wah bagus nih!!" atau "Keren bro, tapi tambahin dikit di bagian sini yah, tapi overall udah bagus kok!". Mereka punya pribadi yang bagus dan sangat peka terhadap perasaan orang lain. Kabar buruknya, klien seperti ini jarang dan biasanya budgetnya kecil atau Teman sendiri kliennya.


Mantan Desainer
Tipe klien seperti ini pasti memilliki atau punya sedikit pengetahuan lebih ketimbang orang awam tentang desain grafis. Biasanya mereka akan mencoba menggunakan istilah-istilah dalam desain grafis seperti tracing, blend, dsb untuk menunjukkan bahwa mereka juga "mengerti" atau "lebih mengerti" tentang desain grafis. Klien seperti ini haus akan pujian dan tidak suka diberi saran apalagi dikritik. Rendah hati adalah senjata paling ampuh untuk klien dengan tipe seperti ini. 


Gaptek
Tipe klien ini sangat kesulitan dalam memanfaatkan teknologi. Biasanya akan berimbas kepada hal-hal yang bersifat teknis. Jika kita terbiasa menggunakan email sebagai sarana komunikasi, mengirim dan bertukar data, maka untuk mereka, cara-cara manual dan tradisional terpaksa kembali harus ditempuh. Biasanya tipe seperti ini adalah ibu-ibu ataupun orangtua yang sedang merintis usaha dan membutuhkan desain untuk branding.

Dan itulah beberapa Tipe Tipe Klien para Desainer Grafis yang ada dikalangan masyarakat. Kenalai terlebih dahulu calon klien kita agar tidak menjadi beban saat mengerjakan desainnya. Semoga dengan mengetahui Tipe Tipe Klien para Desainer Grafis ini kalian para Designer dapat dengan mudah menerima klien. Semoga bermanfaat dan tetap nantikan Tutorial-Tutorial seputar Design Grafis hanya di Dumetschool.com terimakasih :)

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More