Teknik Mengambil Foto Pada Malam Hari

Seperti yang kita ketahui untuk mendapatkan hasil foto yang bagus saat malam hari pasti sulit. Karena kurangnya cahaya dan kurangnya penglihatan sehingga akan sulit untuk menangkap gambar yang tepat dengan hasil yang bagus. Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui teknik mengambil foto pada malam hari.

Masalah yang sering dialami untuk mengambil foto pada malam hari ialah kurangnya cahaya, sehingga susah untuk mendapatkan foto yang bagus. Hasil yang buruk sering terjadi saat mengambil foto pada malam hari, pandangan juga pasti susah sehingga mata menjadi tidak fokus pada subjek foto. Berikut ini ada beberapa teknik mengambil foto pada malam hari, kalian bisa terapkan dengan mudah.

Pertama, Kualitas Tinggi. Jika kalian ingin mengambil foto pada malam hari, sebaiknya ambil foto dalam kualitas yang tinggi dengan menggunakan format RAW. Sedikit informasi mengenai format RAW, dengan menggunakan format RAW kalian bisa mendapatkan keseluruhan informasi foto, sehingga dapat dengan mudah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas foto menggunakan Adobe Camera Raw software yang bisa memproses RAW. Kalian dapat dengan mudah mengubah temperature warna (White Balance) atau meningkatkan (menerangkan) atau menurunkan (menggelapkan) eksposur foto.

Kedua, Menggunakan Tripod. Cara yang kedua ini tidak terlalu diharuskan, namun menggunakan tripod adalah cara yang berguna pada situasi malam hari. Karena sedikitnya cahaya kamera membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengambil foto (sekitar 1 – 30 detik). Jika kalian menggunakan tangan maka akan terlalu lama, sehingga disarankan menggunakan tripod agar foto tidak menjadi rusak meskipun menggunakan Shutter Speed yang lama.

Ketiga, Pilih Lokasi. Sebelum melakukan hunting, sebaiknya pilihlah tempat untuk foto dahulu, pilih lokasi yang cocok untuk mengambil foto yang bagus. Cari lampu penerangan yang paling menarik dan arsitektur yang bagus.

Keempat, Gunakan “Sweet Spot” Lensa. Dengan menggunakan aperture Sweet Spot lensa biasanya sekitar F/8 dan F/16, namun sebelumnya kalian harus periksa dahulu sebelum menggunakan. Gunakanlah aperture tengah agar dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan foto yang tajam atau jelas.

Kelima, Setting Fotografi Malam. Mode kamera yang terbaik untuk mengatur eksposur kamera ialah mode manual. Fokuskan foto, kemudian atur aperture sekitar F/16, lalu atur Shutter Speed pada metering tengah. Ambillah beberapa foto dan lihatlah hasil foto – foto tersebut di LCD. Jika ada beberapa foto yang gelap (Underexpose) naikkan ke 1 – 2 stops.

Keenam, Gunakan Mirror Lock Up. Guncangan yang sedikit dapat merusak hasil foto, termasuk pergerakan kaca yang bergerak didalam kamera. Jadi, sebaiknya kalian dapat mengatur mirror lock up melalui setting pada kamera.

Teknik mengambil foto pada malam hari dapat dengan mudah kalian lakukan, hasilkan foto yang tajam dan jelas, sehingga menarik dan puas untuk disimpan menjadi kenangan indah. Selamat mencoba

21 Mei 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat