Start up Indonesia performanya masih kurang maksimal

Saat merintis UKM berbasis teknologi (startup), sebuah pertanyaan akan muncul di benak pendirinya. “Biayanya dari mana?” diungkapkan oleh Co-Founder dan CEO Bukalapak.com, Achmad Zaky.

Pada awalnya mencari investor untuk Bukalapak.com, dia juga pernah gagal mempresentasikan produknya. Namun saat ini, Zaky jadi tahu bagaimana cara menggaet investor.

Kunci untuk menarik hati investor menurut Zaky adalah dengan meyakinkan diri sendiri dulu bahwa bisnis ini layak diberikan dana. Kemudian barulah meyakinkan para investor.

Menurut Zaky sebenarnya investor dari Indonesia itu banyak dan banyak uang pula. Tetapi bagaimana membuat start up yang berprospek dan menarik minat para investor. Ungkapnya di sela-sela acara konferensi start up Echelon, Selasa (14/4/2015) di Balai Kartini, Jakarta.

Penggunaan internet oleh masyarakat Indonesia masih sekedar digunakan sebagai media hiburan semata. Padahal banyak investor yang ingin berinvestasi di Indonesia namun bingung harus berinvestasi dimana.

"Ada investor yang tanya ke saya 'Zaky, adakah startup yang bagus?'. Saya tak bisa menjawab. Tak ada startup yang cukup bagus setelah generasi saya," katanya.

Zaky berharap kedepannya anak-anak muda dapat membangun start up yang benar-benar inovatif dan berguna. Dengan demikian inverstorlah yang akan mendekat. Jangan mencari investor tapi biarkan investor mencari start up.

Menurutnya ada perbedaan antara investor lokal dan luar negeri, investor lokal lebih tahu tentang kondisi pasar Indonesia. Tinggalnya juga di Indonesia, sehingga bisa lebih banyak berunding dan berinteraksi.

Sedangkan investor asing memang tidak begitu perhatian namun dalam mengucurkan dana memang tidak tanggung-tangung. Mereka hanya fokus untuk mencetak uang.

Untuk diketahui bahwa Bukalapak.com adalah start up Indonesia yang diberi suntikan dana oleh investor internasional GREE Ventures dan 500 startups.

14 April 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat