Software Dan Tools Untuk React

Untuk membuat project React dibutuhkan aplikasi dan tools yang dapat memudahkan proses development. Nah saya akan memberikan tips, software dan tools apa saja yang saya pake untuk mendevelop project React.

1. Pada browser

Chrome adalah browser yang disarankan untuk membuat project JavaScript versi terbaru, namun browser-browser lain seperti Firefox, Safari juga tidak masalah. Teman-teman bisa cek di sini http://kangax.github.io/compat-table/es6/. Untuk tools pada browser Chrome, silahkan download:

React Developer Tools, berfungsi untuk mendebug dokument react melalui developer tools / firebug.

https://chrome.google.com/webstore/detail/react-developer-tools/fmkadmapgofadopljbjfkapdkoienihi?hl=en


React Detector, untuk mendeteksi apakah suatu situs menggunakan react atau tidak.

https://chrome.google.com/webstore/detail/react-detector/jaaklebbenondhkanegppccanebkdjlh


2. Text Editor

Text editor yang paling disarankan adalah Atom, Sublime Text dan Brackets. Atom sangat support jika menggunakan Github, kemudian untuk menginstal plugin dan tools sangat mudah dan nyaman, serta gratis. Sublime Text memiliki keunggulan lebih ringan, namun untuk menginstal tools, kita harus menginstal terlebih dahulu "install package" pada console, Sublime Text berbayar, namun tetap dapat digunakan tanpa license. Brackets memiliki tools yang dapat berfungsi untuk menjalankan dokumen HTML seperti pada server, pada saat kita tekan save (Ctrl + S) maka browser akan otomatis merefresh hasil outputnya.

Untuk tools/plugin, sebenarnya saya tidak tahu juga mana yang paling bagus untuk React, saya hanya menginstal plugin-plugin seperti:

Emmet
React Snippets
JavaScript Snippets
Open In Browser
ES6 Snippets
dll.

29 September 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat