Smartphone Dengan Sistem Operasi Ubuntu

Canonical merupakan perusahaan piranti lunak open source yang cukup unik. Canonical adalah perusahaan dibalik Ubuntu. Akhirnya, Canonical merilis smartphone pertama buatannya dengan menggunakan Sistem Operasi Ubuntu, melalui kerja sama dengan Meizu dan BQ. Kedua perusahaan Meizu dan BQ adalah perusahaan yang berpengalaman dalam pembuatan gadget.

Sedikit membahas Sistem Operasi Ubuntu. Nama Ubuntu berasal dari ungkapan seorang filosofis di Afrika Selatan yang berarti “Kemanusiaan terhadap orang lain”. Ubuntu selama ini telah dikenal sebagai Sistem Operasi Open Source yang dibuat oleh Canonical untuk komputer desktop. Selama masa perkembangannya Canonical ingin membuat Ubuntu menjadi versi mobile. Seiring berjalannya waktu, kini keinginan Canonical dapat berhasil terwujud.

Rencananya Canonical menciptakan smartphone Ubuntu bersama kedua produsen gadget tersebut sudah terdengar sejak setahun silam, namun baru saja terwujud saat ini. Smartphone yang dilengkapi dengan Sistem Operasi Ubuntu tersebut di beri nama Aquaris E 4.5 dan sementara ini baru akan diluncurkan di Eropa.

Spesifikasi dari smartphone Aquaris E 4.5 termasuk smartphone dalam kategori menengah yang dipacu oleh prosesor MediaTek Quad Core 1,3 GHz beserta RAM 1 GB, dilengkapi juga dengan memori internal yang diletakkan di dalamnya, hanya berkapasitas 8 GB. Layar untuk Aquaris E 4.5 menggunakan layar panel IPS 4,5 inci yang memiliki ketajaman 540x960 pixel. Bagi pengguna yang suka berfoto, bisa mendapatkan hasil foto yang bagus dengan kamera depan 5 megapixel serta kamera utama atau kamera belakang 8 megapixel.

Walaupun Aquarius E 4.5 saat ini hanya ada di Eropa, Canonical yakin Sistem Operasi Ubuntu akan tumbuh berkembang mempengaruhi dunia.

9 Februari 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat