Sistem Operasi Smartphone Pesaing IOS Dan Android

Salah satu smartphone terkenal, yakni Apple kini sudah mampu membekali smartphone produksinya dengan Sistem Operasi buatannya sendiri, yakni iOS. Sedangkan smartphone dari merek lainnya masih mengandalkan Sistem Operasi Android.

Sistem Operasi seperti iOS dan Android sudah tak asing lagi sering kita temukan, yang jarang kita temukan itu Sistem Operasi seperti Ubuntu, Firefox, dan Sailfish. Menurut statistic dari IDC, smartphone yang menjalankan sistem operasi iOS dan Android menguasai 96,3% pasar smartphone di seluruh dunia. Bila kita bagi, sistem operasi iOS menguasai 14,8% sedangkan Android 81,5%. Kini iOS dan Android memiliki pesaing yang lebih menarik perhatian.

Kita akan sama-sama mengenal sistem operasi Ubuntu, Firefox, dan Sailfish yang lebih menarik dan akan ada di masa depan, ketiga sistem operasi tersebut akan menjadi pesaing iOS dan Android.

Ubuntu

Ubuntu merupakan sistem operasi open source yang dapat di jalankan di berbagai perangkat, baik smartphone, tablet, komputer, server, serta cloud. Sistem operasi Ubuntu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menjalankan sistem operasi Windows dan Mac pada komputer maupun laptop. Kini, Canonical, perusahaan yang menciptakan Ubuntu sedang berupaya keras untuk mengembangkan Ubuntu agar dapat memiliki kualitas yang sama dengan sistem operasi unggulan saat ini. Usaha tersebut kini sudah terlihat Ubuntu semakin banyak kita jumpai pada tablet dan smartphone.

Firefox

Firefox merupakan sistem operasi yang dikembangkan Linux dan kini sudah banyak digunakan pada tablet, smartphone, dan smart TV. Firefox diciptakan oleh Mozilla, perusahaan yang lebih populer dengan web browser-nya. Seharusnya sistem operasi Firefox menjadi lebih populer, namun tidak seperti yang diharapkan.

Sistem operasi Firefox dapat dijalankan di berbagai perangkat dan juga dapat diperbaharui secara langsung dari perangkat yang menjalankannya. Mozilla akan menciptakan smartphone Firefox dengan harga yang terjangkau kisaran kurang dari 3 juta yang akan dipasarkan di Asia dan Afrika.

Jolla Sailfish

Siapakah pengembang sistem operasi Sailfish ? Setelah dijual ke Microsoft dan fokus pada Windows Phone. Kini Nokia hadir kembali dan menghentikan pengembangan Meego, sebuah sistem operasi untuk smartphone yang berbasis Linux. Beberapa staf Nokia beralih ke Jolla dan melanjutkan pekerjaan yang belum disempurnakan dan dari sana Sailfish lahir, mereka memberi nama Jolla Sailfish.

Sistem operasi Sailfish versi 2.0 telah diperkenalkan pada bulan Juli 2015, lalu dan sudah dapat digunakan pada tablet maupun smartphone. Sailfish akan memberikan pengalaman yang berbeda dari iOS dan Android, karena Sailfish dapat mengendalikan berbagai aplikasi secara bersamaan pada layar multitasking yang berukuran kecil. Namun, Sailfish memiliki kekurangan, yakni tidak mendukung Google Play dan para pengguna harus meng-install-nya secara langsung melalui APK yang memerlukan proses yang lebih rumit dan memakan waktu yang cukup lama.

Ketiga sistem operasi tersebut akan menjadi pesaing iOS dan Android. Kedepannya sistem operasi Ubuntu, Firefox, dan Sailfish akan terus dikembangkan menjadi lebih baik, menjadi lebih menarik, dan siap bersaing melawan iOS dan Android.

30 September 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat