Sejumlah Fakta Menarik Tentang Youtube

11/06/2015    Reza Indra    1589     Desain

Siapa sich yang tidak kenal Youtube, situs sosial dan sharing video nomor 1. Sejak berdiri pada tahun 2004 dan diakuisisi Google pada tahun 2006, Youtube menjelma menjadi salah situs terbesar di dunia setelah Google dan Facebook. Kini Youtube sudah memiliki miliaran video streaming yang ditonton jutaan orang setiap harinya. Berikut adalah statistik tentang Youtube:

- Jumlah pengguna lebih dari 1 Miliar,
- Setiap hari orang-orang menonton selama ratusan juta jam di YouTube dan menghasilkan miliaran views,
- 300 jam video diunggah ke YouTube setiap menit,
- Berlokasi di 75 negara dan tersedia dalam 61 bahasa.

Nah, dibalik kesuksesannya, Youtube ternyata memiliki fakta-fakta menarik yang mungkin kalian semua belum tahu. Berikut adalah fakta unik dan menarik sekilas tentang Youtube:

1. Youtube dibuat pada tahun 2005 oleh 3 orang bernama Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Mereka adalah mantan pegawai Paypal. Saat itu Youtube didanai dari uang Bonus mereka selama bekerja di Paypal.

2. Pada saat awal kemunculannya, Youtube merupakan situs video kencan. Namun salah satu pembuatnya memiliki ide untuk merubah Youtube menjadi situs sharing video setelah terjadi bencara Tsunami 2004 yang melanda Samudera Hindia.

3. Sempat terjadi kesalahpahaman antara perusahaan "Universal Tube & Rollform Equipment" yang memiliki domain yang hampir sama dengan

Youtube yakni u.tube.com. Mereka menggugat Youtube karena tiba-tiba mendapat trafik pengunjung yang sangat banyak. Mungkin banyak yang mengira u.tube.com itu adalah Youtube.

4. Video pertama yang diunggah di Youtube berjudul “Me at the Zoo”. Dalam video tersebut tampak Jawed Karim selaku Co-Founder berdiri di depan kumpulan gajah, video itu direkam oleh temannya Yakov Lapitsky di kebun binatang San Diego.



5. Video yang paling banyak ditonton berjudul “Charlie Bite My Finger”, dalam video itu bercerita tentang sang kakak (Harry) yang memasukkan jarinya ke mulut sang adik (Charlie).



6. Pada Maret 2014, pengunjung unik YouTube tembus 116 Juta lebih setiap harinya yang tersebar dari seluruh dunia. Halaman yang dilihat mencapai 1.7 Milyar halaman setiap harinya. Saat ini YouTube menduduki peringkat 3 dunia setelah Google dan Facebook (versi Alexa.com).

7. YouTube terhubung dengan akun social media lain seperti Google, Facebook, Twitter dan lainnya. Rata-rata link YouTube diposting di Twitter lebih dari 400 kali per menit, sedang di Facebook lebih dari 700 kali per hari.

8. November 2006, YouTube resmi membuat kesepakatan dengan Google. Dalam kesepakatan itu Google membeli seluruh aset yang ada di YouTube senilai 1.65 Trilliun Dollar.

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More