Samsung And Internet Of Things

15/01/2015    Alfiana Irsyada Salma    2013    Artikel Bebas

Internet kini menjadi bagian hidup manusia dan “Way of Life” yang harus mampu menghubungkan manusia dengan manusia, manusia dengan perangkat, hingga perangkat dengan perangkat secara konvergen.

Sehingga memicu kesadaran manusia untuk mendorong munculnya gagasan untuk menanamkan sistem komputasi berbasis internet ke dalam berbagai perangkat, sistem, dan layanan yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia sehari-hari. Konsep tersebut dinamakan “Internet of Things [IoT].

CEO Samsung Electronics, BK Yoon, mengakui bahwa IoT akan dapat menyentuh setiap aspek kehidupan sehingga pengaruhnya akan jauh lebih luas jika dibandingkan dengan pengaruh industri elektronik saat ini. Sewaktu membuka pidato dalam acara CES 2015 di Las Vegas, Yoon menghimbau kepada seluruh industri untuk terbuka, bersatu dan bersama-sama membangun infrastruktur yang diperlukan dalam rangka mewujudkan gagasan IoT. Bila kita bersama-sama maka kita akan dapat mewujudkan IoT yang maju dan berkembang pesat.

Yoon juga mengatakan “Ini adalah tugas kita untuk bekerja sama sebagai bagian dari industri di berbagai sektor untuk mewujudkan era Internet of Things”. Oleh karena itu, Samsung berkomitmen pada tahun 2017 mendatang semua produk televisi miliknya akan menjadi perangkat IoT. Bahkan, Samsung juga menjanjikan, mulai dari sekarang hingga 5 tahun mendatang semua hardware Samsung akan siap mendukung IoT.

Janji yang diucapkan oleh Samsung bukanlah sembarang janji belaka, karena Samsung adalah produsen elektronik dengan penetrasi pasar yang luas. Samsung telah memproduksi banyak hal, mulai dari mesin cuci, oven microwave, smartphone, hingga komponen elektronik.

Samsung akan menggunakan perangkat standar terbuka agar dapat bisa terhubung, karena tanpa keterbukaan, Internet of Things tak akan terwujud, karena benda-benda itu tidak akan bisa saling terhubung.

Samsung juga sedang mengembangkan produk baru berupa chip hemat energi untuk disematkan ke berbagai perangkat, seperti pada pakaian maupun wearable. Samsung juga mengembangkan sensor jarak 3D yang dapat mendeteksi gerakan sekecil apapun. Sensor ini diharapkan akan mampu memahami lingkungan manusia dan dapat menawarkan solusi yang tepat untuk aktivitas manusia.

Samsung benar-benar akan mengembangkan Internet of Things kearah yang lebih canggih dan positive. Pada tahun yang akan datang Internet of Things akan menjadi bagian dalam hidup kita yang sangat penting.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow