Revolusi Facebook

15/03/2015    Reza Indra    1738     Desain

Sepuluh tahun yang lalu, Mark Zuckerberg meciptakan sebuah sosial media bernama "The Facebook" yang begitu sederhana, saat itu hanya terdaftar mahasiswa dari Universitas Harvard. Dalam satu dekade sejak pertama kali diciptakan, The Facebook telah berevolusi menjadi Facebook, sebuah situs sosial media yang menjadi favorit bagi semua orang, tak mengenal usia. Dari tampilan yang masih sederhana, kini tampilan Facebook sudah banyak berubah, menjadi lebih menarik serta fitur-fiturnya yang semakin lengkap.

Sekarang, Facebook sudah menjadi tempat/rumah bagi semua orang untuk berbagai macam kebutuhan, selebriti, bisnis, organisasi, hewan peliharaan, forum dan lain-lain. Nah, berikut ini adalah timeline Revolusi Facebook dari tahun 2004 hingga sekarang, kamu bisa mengingat apa saja yang pernah kamu jumpai ketika pertama kali membuat akun Facebook.

2004 - Awal mula The Facebook

The Facebook memulai debutnya pada 4 Februari 2004 di Harvard University, saat itu pengguna hanya dari kampus itu sendiri. Satu bulan kemudian, The Facebook sudah mulai dikenal di beberapa universitas lain di Amerika, seperti Stanford, Columbia, dan Yale dan pada 1 Mei 2005 sudah lebih dari 800 jaringan perguruan tinggi di Amerika dan Eropa.

2005 - Halaman Profile

Pada tahun 2005, halaman profil pengguna di The Facebook memiliki banyak rincian, mirip seperti halaman profil Facebook saat ini.

2005/2006 - Menjadi Facebook

Pada 20 September 2005 thefacebook.com resmi menjatuhkan menjadi Facebook, dan perubahan desain layout pada tahun 2006, lengkap dengan foto yang lebih besar dan huruf yang sedikit lebih enak dipandang.

2006/2007 - News Feed

Satu tahun kemudian, Facebook melakukan makeover desain tampilan menjadi lebih dewasa, termasuk penambahan fitur Mini-Feed, atau waktu kegiatan antara teman yang sedang berlangsung. Beberapa minggu setelah membuat Mini-Feed, Facebook mulai bergerak di luar sekolah dan dibuka untuk semua orang atau siapa saja yang memiliki alamat email.

2008 - Halaman Login

Facebook mendesain halaman untuk login dan signin secara bersamaan dalam page awal.

2009 - Status

Pada tahun 2009, News Feed diberi tambahan fitur baru yakni Streaming Real-Time. Facebook juga meminta pengguna untuk menuliskan apa yang dipikirkan kedalam form status, "Apa yang anda pikirkan?" mendorong Facebookers untuk berbagi status secara update.

2010 - Facebook Page

Facebook membuat lagi fitur baru yang sangat penting sampai sekarang, yakni halaman penggemar atau Fan Page, dimana halaman ini dikhususkan untuk selebriti, tokoh, grup musik, bisnis dan lain-lain, namun fitur ini juga gratis untuk siapa saja.

2011 - Video Chat

Menggaet Skype untuk bekerja sama membuat fitur chating dengan video streaming, hal ini sangat disambut baik oleh pengguna dan menjadikan Facebook sebagai sosial media yang paling canggih.

2012 - Timeline

Facebook membuat fitur Hello Timeline agar para pengguna dapat mengingat kejadian-kejadian yang pernah dilalui sejak pertama kali mendaftar di Facebook. Facebook akan mencatat secara lengkap dengan tahun dan bulan kejadian. 2012 juga menjadi tahun yang paling bersejarah bagi Facebook yang sukses mengakuisisi Instagram. Pada tahun yang sama juga Facebook memperkenalkan fitur "Facebook's App enter", sebagai layanan game online, saat pertama rilis layanan ini sudah memiliki kurang lebih 500 game online.

2013/2014 - Graph Search

Awal tahun 2013, Facebook mengakhiri penggunaan search engine bing sebagai mesin pencarinya, Facebook sudah mengembangkan search engine baru bernama "Facebook Graph Search", dikatakan bahwa mesin pencari ini lebih akurat.

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More