Resize Banyak Gambar Sekaligus

Mungkin diantara kita pernah mengalami kasus untuk melakukan resize gambar kedalam ukuran tertentu. Jika satu atau dua gambar kita dapat menggunakan cara manual seperti biasa dengan merubah width dan heightnya satu persatu ke dalam ukuran yang diinginkan. Tapi bagaimana jika gambar yang akan di resize sebanyak 50 atau 100 gambar? Tentunya akan memerlukan waktu yang lama jika melakukannya satu persatu.

Apakah ada cara untuk mempersingkat waktu dalam resize image dalam jumlah banyak? Jawabannya ada. Solusinya adalah kita dapat memanfaatkan fitur image processor yang ada di dalam photoshop. Cara kerjanya cukup sederhana. Kita hanya cukup sekali melakukan setting ukuran terhadap suatu gambar. Tapi disarankan agar gambar yang akan di resize di tempatkan dalam satu folder ( agar lebih mudah ) dan akan di resize ke dalam ukuran yang sama. Oke kita langsung coba saja...

  1. Buka adobe photoshop kamu ( minimal CS3 )
  2. Kemudian pilih file -> pilih Scripts -> kemudian Image Processor
  3. Lalu akan muncul jendela Image Processor. Kita akan lakukan setting pada jendela tersebut. Pertama kita pilih folder dimana gambar yang akan kita resize.
  4. Setelah folder kita pilih, kita harus menentukan tempat dimana hasil resize itu akan di simpan. Pada kasus ini kita pilih di dalam folder yang sama dengan gambar yang akan di resize yaitu dengan memilih redio button Save In Same Location.


    Note : jika ingin menyimpan pada folder lain, kita bisa memilih pilihan select folder dan mengklik button “Select Folder” dan kita pilih dimana hasil resize akan disimpan
  5. Langkah terakhir, kita melakukan setting kualitas hasil resize dan ukuran gambar yang akan diresize ( masih pada jendela image processor ).


     
  6. Setelah semua pengaturan sudah kita lakukan, lalu klik button Run.


    Kemudian photoshop akan melakukan resize otomatis semua gambar yang ada di folder yang kita pilih sesuai ukuran yang kita setting tadi.
  7. Hasilnya akan terbentuk folder baru seperti ini.



    Folder “JPEG” adalah tempat gambar hasil resize yang kita lakukan.

Demikian sedikit tips dan triknya, semoga dapat bermanfaat buat teman-teman semua.

26 Februari 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat