PusakaCMS, CMS tanpa database

28/04/2015    Rido Sandi Atmanto    3306    Teknologi

Halo teman-teman DumetSchool dimanapun kalian berada!

Cukup tulis kontenmu di komputer upload dan akses dimanapun seluruh dunia! PusakaCMS adalah Content Management System (CMS) tidak memerlukan instalasi database server untuk penyimpanan data tetapi dengan konten berbasis file. Ya, F-I-L-E. Jangan kaget ya.

PusakaCMS juga dapat dipasang di komputer secara lokal seperti halnya wordpress. Karena Pusaka CMS tidak menggunakan database PusakaCMS mendukung VCS ini memungkinkan karena semua konten berbasis file, Versioning Control System (VCS) seperti Git, SVN, dan Mercurial di PusakaCMS menjadi hal yang lumrah.

Dalam satu paket sistem PusakaCMS dapat digunakan secara bersamaan untuk beberapa situs: seperti blog, toko online, dan banyak lagi jenis yang ingin dibuat sebanyak yang kita mau. Secara penulisan juga kita tidak perlu terlalu rumit memikirkan kode dengan adanya fitur Markdown Syntax. Selain itu kita dapat mengalokasikan waktu lebih banyak untuk memikirkan konten. Namun jika tetap ingin menuliskan sintaks HTML akan tetap dapat dimunculkan oleh sistem.

Bila umumnya pengembang web berbasis CMS umumnya pusing membaca dokumentasi berbahasa Inggris. PusakaCMS dapat dipelajari dengan dokumetasi berbahasa Indonesia. PusakaCMS dibangun di atas framework PHP CodeIgniter dan sudah mendukung HMVC. Modul tambahan apapun yang kita inginkan dapat kita buat.

Dalam pembuatan tema, PusakaCMS hanya butuh dengan minimal 4 file template. PusakaCMS  juga dilengkapi dengan Panel Admin yang sederhana dan mudah dipahami(tidak membingungkan), dan up to date. Setiap konten di dalam PusakaCMS dapat diekspor ke dalam bentuk HTML statis dengan demikian outputnya dapat dipasang di Github Pages.

Selengkapnya buka di http://pusakacms.org/ . Selamat Mencoba ya teman-teman? Semangat cool!
 

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow