Psikologi Berbagai Jenis Font Dalam Bidang Desain Grafis

23/10/2016    Indah Puspitasari    8974     Website

Hallo teman-teman pada artikel kali ini saya akan berbagi tips dan trik tentang psikologi berbagai jenis font dalam bidang desain grafis. Mengapa saya membuat tips dan trik ini, karena font ini adalah salah satu elemen penting pada sebuah desain. Disini saya akan membahas 5 jenis font, yang sering digunakan pada para desainer, agar desain yang anda buat menjadi lebih menarik.

1. Serif

Jenis huruf Serif atau yang biasa disebut dengan counterstroke. Adalah sebuah huruf yang mempunyai garis-garis kecil yang berbentuk berdiri tegak atau horizontal pada badan huruf yang kita gunakan. Mengapa disebut counterstroke karena huruf ini mempunyai garis-garis kecil sehingga bisa disebut dengan counterstroke. Counterstroke ini yang membuat jenis huruf serif lebih mudah dibaca karena garis tersebut membantu mata kita yang sedang membaca melalui suatu garis teks. Sangat cocok digunakan untuk teks content atau isi.

5 jenis font terbaik serif, yaitu : times new roman, bodoni, georgia, garamond, dan baskerville. 

2. Sans Serif

Jenis huruf sans serif adalah jenis huruf yang tidak mempunyai garis-garis kecil dan sifatnya solid. Jenis huruf sans serif ini bertolak belakang dengan jenis huruf serif. Mengapa jenis huruf sans serif ini tidak mempunyai garis-garis kecil, dikarenakan jenis huruf seperti ini lebih tegas, bersifat fungsional dan lebih modern.

5 jenis font terbaik sans serif, yaitu : helvetica, verdana, arial, century gothic, dan calbiri.

3. Slab Serif

Jenis font slab serif ini adalah salah satu jenis font yang bentuknya memanjang dan sering digunakan pada media surat kabar atau biasa juga digunakan pada buku-buku. Tetapi seiring dengan  perkembangan font slab serif ini tidak hanya digunakan pada media percetakan saja, bahkan font ini sudah digunakan para desainer untuk membuat sebuah poster dengan menggunakan font jenis slab serif ini.  Serif Slab adalah inovasi bagi anak muda untuk membandingkan dengan jenis tipografi lain. Namun jenis font slab serif ini mempunyai kekurangan yaitu jenis font ini sangan monoton dan mempunyai bentuk geometrisnya hadir dalam bentuk serif yang lebih mengingatkan pada era kuno daripada masa kontemporer saat ini. Oleh karena itu, sebagian besar orang beranggapan bahwa hal itu tidak bisa relevan untuk perkembangan teks di masa depan sekarang.

5 jenis font terbaik slab serif, yaitu : Rockwell, courier, museo, clarendon, dan bevan.

4. Script

Font script ini adalah salah satu jenis font yang sering digunakan untuk poster atau cover yang bertemakan horror, sad dan masih banyak lagi. Font ini adalah salah satu jenis font yang susah dicari, karena font ini memiliki banyak kegunaan dan tergolong sangat sangat langka. Dan biasanya jenis font berjenis script ini digunakan untuk menggambar sebuah tanda tangan seorang artis.

5 jenis font terbaik script, yaitu : lobster, lucida, pacifico, dan brush script.

5. Modern

Jenis font ini adalah salah satu jenis font yang saat terbaru dan sangat diminati oleh para desainer. Dikarenakan jenis font ini menghilangkan sifat ukiran.

5 jenis font terbaik modern, yaitu : politica, matehbook, dan eurostyle.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More