Produk-produk Apple Yang Pernah Gagal Dan Terlupakan

Di usia nya yang ke 40 tahun, Apple sebagai perusahaan raksasa teknologi sudah banyak menciptakan produk-produk luar biasa yang telah merubah perkembangan teknologi dunia.

Dibalik kesuksesan Apple saat ini, ternyata diawal-awal masa merintis sebagai perusahaan, Apple pernah berkali-kali mengalami kegagalan produk dan mengakibatkan kerugian besar. Produk Apple yang gagal ini sebenarnya terbilang canggih, hanya saja tidak sesuai dengan selera pasar.

Berikut adalah daftar produk Apple yang pernah gagal dan terlupakan.

Apple Pippin

Pada tahu 1994, Apple memutuskan untuk menciptakan game console bernama The Pippin. Awalnya diprediksi perangkat Game tersebut dapat sukses besar seperti Nintendo dan Sega.

Pada saat peluncuran, Apple mematok harga 3 kali lebih mahal dari Nintendo 64 yang sudah populer lebih dulu. The Pippin juga ditawarkan dengan pilihan permainan terbatas dan sialnya lagi Apple merilisnya setelah Sony meluncurkan PlayStation perdana.

Akhirnya Apple berhenti memproduksi The Pippin dengan ditandai kembalinya CEO Steve Job pada 1997.



Apple Lisa

Apple Lisa adalah komputer pertama dengan tampilan berbasis grafis di layar, diluncurkan Apple pada 1983 dengan banderol seharga USD 9.995 kala itu. Nama Lisa sendiri diambil anak perempuan Steve Jobs, Lisa Brennan-Jobs.

Produk ini dianggap gagal karena masyarakat lebih tertarik dengan komputer Macintosh yang rilis setahun kemudian dan dijual lebih murah. Pada 1986, produksi Apple Lisa berhenti.



Apple USB Mouse "hockey puck"

Dari segi komersial, iMac tergolong sukses besar hingga saat ini. Namun pada iMac generasi pertama, ada cerita pahit yang harus dialami Apple. Kala itu iMac perdana dilengkapi dengan mouse rancangan Steve Jobs yang bernama "hockey puck" dengan bentuk bulat seperti bola hoki es. Steve Jobs pernah mengatakan "mouse terhebat yang pernah ada".

Tapi karena dimensinya yang kecil dan hanya memiliki satu clicker, mouse ini susah digunakan. Mouse ini cuma dapat bertahan selama dua tahun, kemudian Apple menggantinya dengan "Apple Pro Mouse" dengan bentuk oval yang menjadi cikal bakal mouse khas Apple saat ini.

23 Mei 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat