Perbedaan UI dan UX

07/02/2015    Aulia Rahmah Alhafidz    8414     Artikel Bebas

Banyak yang sering mendengar atau membaca tentang UI atau UX. Seorang desainer kemungkinan paham dengan kedua istilah tersebut. Tapi, banyak orang yang menganggap kedua istilah tersebut memiliki arti kata yang sama, konsep yang sama. Namun, sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki konsep yang berbeda. Memang secara umum bisa dilihat sama. Tapi, untuk konsep dan pemikiran tentu UI dan UX memiliki pandangan yang bebeda.

UI

UI merupakan singkatan dari User Interface (antarmuka pengguna). User Interface ini berhubungan dengan bagaimana pengguna mengontrol dan mengoperasikan komputer. Ada banyak User Interface yang berhubungan dengan fisik seperti tombol, layar, bidang, seleksi, dll. Kontrol sentuh seperti touchscreen dan kontrol suara seperti Voice Command. Bahkan, ponsel yang memiliki kamera untuk melacak gerakan mata merupaka jenis User Interface juga.

Secara keseluruhan UI lebih terfokus kepada tampilan. Dan juga bagaimana UI bisa berhubungan dengan UX.

UX

UX merupakan singkatan dari User Experience. Fokus utamanya adalah perasaan pengguna saat menggunakan produk. Dan ini melibatkan setiap aspek interaksi pengguna dengan sistem  komputer. Selain itu, UX juga selalu bertanya-tanya apa yang dipikirkan pengguna tentang grafis, User Interface, perilaku, sikap dan emosi apa yang dimiliki ketika sedang menggunakan aplikasi.

UX lebih fokus ke bagaimana merasakan kenyamanan dari UI entah itu website, aplikasi website ataupun aplikasi smartphone yang sudah dilihat. Apakah mudah digunakan? Apakah bermanfaat? Apakah efisien? Dan tentu saja membingungkan apa tidak?

Jadi tujuan UX lebih berpusat kepada User bukan kemauan desainer.

Untuk lebih jelasnya lihat infografis di bawah ini :

Perbedaan-UI-dan-UX

Kesimpulan :

UI lebih fokus dengan Visual (apa yang dilihat) sedangkan UX lebih fokus dengan perasaan (apa yang dirasakan)

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More