Perbedaan Komputer Server Dengan Komputer Biasa

Kita pasti sering mendengar tentang istilah Server dan Personal Komputer [Komputer]. Tetapi, seringkali kita tidak mengetahui perbedaan diantara keduanya. Mungkin sebagian dari kita belum begitu tahu perbedaan antara Komputer Server dan Komputer Biasa. Nah, pada artikel saya hari ini akan membahas Perbedaan Komputer Server dan Komputer Biasa.

Server Vs PC

Personal Komputer merupakan komputer yang murah dan dibuat atau diproduksi secara banyak. Sedangkan, Server merupakan komputer yang bertugas sebagai pusat Controlling akses data dalam sebuah jaringan [Server-Clien] misalnya, LAN, W-LAN dan lain sebagainya. Server dapat mengontrol semua akses PC Client.

Kesimpulannya, bahwa Server dan PC merupakan sebuah komputer hanya saja fungsi, fitur, dan spesifikasi hardware yang berbeda.

Spesifikasi Hardware Untuk Server

Spesifikasi Hardware yang perlu diperhatikan untuk Server meliputi Mainboard, jenis dan kecepatan prosesor, kapasitas RAM, kapasitas Harddisk, Kartu Grafis [VGA], dan resolusi monitor.

Beda System Operasi Server Dan PC

Sistem operasi jaringan atau sistem operasi komputer yang dipakai sebagai server dalam jaringan komputer mirip dengan sistem operasi komputer “Stand Alone”[PC] bedanya hanya pada sistem operasi jaringan.

Fitur Yang Terdapat Di Sistem Operasi Server Yang Tidak Ada Di PC

Sebuah sistem operasi pada server merupakan perangkat lunak yang mengendalikan jaringan dan pesan mengontrol akses oleh beberapa pengguna untuk jaringan sumber daya file dan untuk menyediakan fungsi-fungsi administrative tertentu, termasuk keamanan.

Perbedaan antara Komputer Biasa Dengan Server

  • Komputer Server memiliki banyak slot untuk menyimpan harddisk, sedangkan Komputer Biasa hanya memiliki 1 slot saja. Untuk slot Harddisk Server terdapat maximal empat slot.
  • Untuk kipas di dalam Server dapat dilepas tanpa harus mematikan komputer Server. Sedangkan Komputer Biasa kipas dapat diambil jika posisi off.
  • Untuk membuka bagian dalam server memiliki kunci untuk membuka kuncinya. Sedangkan Komputer Biasa membaca cover tanpa kunci.
  • Untuk server lebih aman membuka cover atau menambah apapun didalam server tanpa mematikan power posisi ON.

Selain itu, Komputer dan Server memiliki perbedaan pada CPU. CPU pada Komputer Server bertugas sebagai pusat dan controlling akses data dalam sebuah jaringan [Server-Client]. CPU Server Komputer melayani tukar-menukar informasi dari beberapa komputer yang disebut client. Server bisa dianalogikan dengan terminal atau perpustakaan.

Nah, begitulah perbedaan antara Komputer Server dengan Komputer Biasa. Bagaimana sekarang sudah mengerti teman-teman ???

29 September 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat