Perbedaan Format PDF dan Ai pada Adobe Illustrator

Adobe Illustrator, seperti yang kita ketahui bersama adalah sebuah Software yang dibuat oleh perusahaan Adobe yang digunakan untuk membuat gambar dengan format Vector.

Apa yang dimaksud dengan gambar dengan format Vector?
Gambar dengan format vector adalah sebuah gambar yang dihasilkan oleh software Adobe Illustrator, yang kelebihaanya bisa dibesarkan hingga tidak terbatas, alias jika dibesarkan tidak akan pecah. Selain adobe Illustrator, software lainnya yang bisa menghasilkan gambar dengan format Vector adalah Corel Draw.

Syarat sebuah gambar dikatakan Vector, adalah semua komponen atau konten atau objek yang ada pada gambar tersebut haruslah dibuat dengan menggunakan software yang sudah saya sebutkan diatas.

Untuk menyimpan sebuah gambar yang sudah kita buat dengan Adobe Illustrator, kita bisa menyimpannya dengan Format *.ai ataupun *.pdf

Apa yang membedakan kedua format diatas?
Format Ai merupakan hasil format yang dikhususkan untuk menyimpan file editing atau file mentahan yang nantinya juga dikhususkan untuk mengedit gambar di Adobe Illustrator.

Sedangkan Format PDF merupakan sebuah format file yang juga bisa digunakan melalui Adobe Illustrator, hanya gunanya dikhususkan untuk file siap cetak. Jadi jika kita ingin mencetak desain atau gambar yang sudah kita bikin, kita harus menyimpannya menggunakan Adobe PDF. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahan dari percetakan seperti misalnya jika kita tetap menggunakan file mentahan *.ai, tulisan pada desain kita bisa "Missing Font" karena percetakan tidak memiliki font atau jenis huruf yang kita gunakan pada desain kita.

Selain itu, jangan sekali-kali menyimpan gambar Vector menggunakan JPEG dengan harapan gambar tersebut tidak akan pecah. Hal tersebut jelas salah, karena JPEG merupakan format gambar dengan mode Pixel, yang dapat dipastikan jika dibesarkan akan Pecah.

Okey teman-teman, itu tadi sedikit share dari saya tentang format penyimpanan Gambar pada Adobe Illustrator, semoga bermanfaat dan teruslah berkarya...

29 Januari 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat