Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Kehabisan kuota layanan internet mungkin menakutkan bagi sebagian orang. Saat kuota internet habis, sejumlah pilihan untuk berkomunikasi pun terputus. Kamu tidak bisa mengirim pesan melalui Line, WhatsApp, BBM, atau mengecek timeline media sosial, bahkan tidak bisa update foto di Instagram.

Tanpa koneksi data, kamu tidak bisa menikmati hiburan dengan smartphone milikmu. Smartphone bagaikan lumpuh total. Kamu tidak bisa menikmati YouTube, Online Game dengan Multiplayer, dan Streaming musik maupun Streaming Video.

Memang beberapa penyedia layanan internet menyediakan paket data unlimited, tetapi tetap saja memiliki keterbatasan. Jadi, agar tidak terjebak masalah kuota internet. Sebaiknya kamu merencanakan pemakaian data pada smartphone. Misalnya dengan memperhatikan seperti apa gaya pemakaian data yang sangat baik. Saya ingin berbagi kepada teman-teman bagaimana caranya agar kuota internet kita tidak cepat habis.

Pertama, Obrolan Video. Jika kalian yang suka melakukan Obrolan Video via Skype ataupun FaceTime hal tersebut tergolong sebagai aktivitas yang membutuhkan banyak bandwidth. Namun, besaran pemakaian data tersebut berbeda-beda tergantung pada aplikasi serta resolusi video yang digunakan. Umumnya, Obrolan melalui Video memakan bandwidth 3 MB per-menit. Jika kamu ingin menghemat data, sebaiknya kurangi pemakaian Obrolan Video.

Kedua, Online Game. Ada beberapa game yang tidak banyak memakan kuota internet. Namun, jika game jenis real-time action, seperti Asphalt 8 atau Modern Combat 5 Blackout berbeda. Game tersebut memakan kuota internet sebanyak 1 MB data per-menit. Permainan yang berdurasi panjang akan semakin meningkatkan pemakaian data.

Ketiga, Streaming Music. Kamu bisa mendengarkan musik dimana pun, asalkan ada koneksi internet. Seperti Guvera atau Rdio. Kamu tidak perlu menyediakan ruang untuk menyimpan file musik tersebut dalam kartu memori. Melakukan Streaming Music dengan resolusi 320 Kbps, total kouta yang dihabiskan sebanyak 2,4 MB per-menit. Jika dalam satu jam kamu Streaming Musik kamu sudah menghabiskan 115 MB. Akan mudah habis kuota internet kamu.

Keempat, Streaming Video. Saat ini, berbagai layanan Streaming Video dapat memudahkan orang untuk menemukan trailer film terbaru, film utuh, atau hanya sekedar video klip penyanyi favorite. Misalnya, YouTube, iTunes, Hulu, dan Vimeo. Pemakaian data untuk Streaming Video bisa mencapai 50 MB per-menit. Bila kuota internet yang kamu pilih terbatas dan kamu terbiasa menonton video-video tertentu secara berulang-ulang, sebaiknya kamu bisa menyimpan file video secara Offline.

Hal-hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menghemat pemakaian kuota internet. Karena hal tersebut pasti pernah kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan bisa berhemat dalam pemakaian kuota internet. Terima Kasih

10 Maret 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat