Penggunaan getElementById pada Javascript

20/04/2015    Fachrul Ahaddin    5865     Website

Pernahkah teman-teman menemukan website yang terdapat misalnya pengukuran kekuatan atau karakter password ? saat ini banyak sekali website yang menggunakan seperti itu. Itu semua dapat dibuat dengan javascript basicnya. Dengan cara mengambil sebuah value dari inputan si user. Pada javascript terdapat fungsi getElementById. Apakah teman-teman pernah mendengarnya ? seperti apa penggunaan dari getElementById ?

getElementById digunakan untuk mengambil suatu value dari form input yang pastinya dari element HTML  dimana element tersebut sudah kita buatkan id. Maka kita dapat menggunakan getElementById. Sebagai contoh misalnya saya ingin mengambil value atau nilai dari suatu form input text. Coba teman-teman ketikkan script dibawah ini :

See the Pen GJKGoB by fachrul ahaddin (@fachruldumet) on CodePen.

Lalu teman-teman save dan coba buka pada browser. Lalu isikan suatu inputan pada form yang tersedia dan klik button bertulisan check yang tersedia dan lihat apa yang terjadi. Akan muncul alert yang memunculkan isi dari form input yang sudah diinputkan dimana kita menggunakan getElementById pada fungsi validasi yang kita tuliskan.

Demikian sedikit tutorial dari saya, semoga dapat bermanfaat.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More