Penggunaan Fungsi Break dan Continue pada PHP

Dalam tutorial kali ini kita akan membahas tentang perintah break dan continue yang digunakan untuk menghentikan proses perulangan dalam PHP. Perintah atau instruksi break berguna untuk menghentikan perulangan atau sebuah proses. Contohnya Ketika proses perulangan berjalan, ada kalanya kita ingin segera menghentikan proses perulangan tersebut jika sebuah kondisi tertentu telah terpenuhi, sehingga sisa proses perulangan tidak akan dijalankan. Berikut ini adalah contoh kasus perulangan dengan menggunakan for untuk menjalankan perintah break :

Penjelasan :
Dalam program diatas, saya membuat perulangan for dari 0 sampai 10, dan dalam keadaan normal, perintah for ($i=0; $i <=10; $i++) akan memproses perulangan sebanyak 10 kali.
Namun saya telah menambahkan sebuah kondisi IF yang menyatakan bahwa jika nilai variabel $i sama dengan 5, maka jalakan perintah break. Perintah break akan membuat perulangan for langsung dihentikan dan hanya menghasilkan perulangan sampai nilai ke 5

sedangkan perintah continue hanya akan menghentikan perulangan untuk 1 iterasi saja kemudian proses berikutnya akan dilanjutkan contohnya code sebagai berikut

Arti dari continue ini adalah sebuah instruksi kepada PHP untuk melewati sisa perintah dalam perulangan dan langsung lompat ke nilai berikutnya, yakni 8. Dari hasil program, tidak akan melihat angka 7 ditampilkan.

Sekian Artikel Kali ini Terima Kasih .


 

18 Agustus 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat