Pengertian Pengembangan Sistem Dengan SDLC

Bagi teman-teman yang menjadi seorang analis sistem atau teman-teman yang kuliah di jurusan sistem informasi, pasti sudah tidak asing dengan istilah SDLC. SDLC merupakan singkatan dari System Development Life Cycle. SDLC ini bisa dibilang sebagai patokan atau pedoman dalam pengembangan suatu sistem karena di SDLC ini mencakup keseluruhan faktor yang harus kita lakukan untuk membangun atau mengembangkan sebuah sistem. Secara umum, SDLC terdapat beberapa fase diantaranya sebagai berikut :

1.       Planning Phase

Pada tahapan ini, kita melakukan inisialisasi, perencanaan jadwal atau timeline dan memastikan kelayakan sistem yang akan kita kembangkan

2.       Analysis Phase

Tahapan selanjutnya kita mulai melakukan analisis terhadap kebutuhan dari user tentang sistem yang akan kita kembangkan. Kita mulai mengumpulkan data dan informasi kebutuhan proses bisnis dari user yang akan terlibat dalam sistem.

3.       Design Phase

Setelah melakukan analisis, kita mulai merancang sistem yang kita buat berdasarkan data yang kita peroleh dari analisis.

4.       Implementation Phase

Tahap selanjutnya kita mulai melakukan konstruksi terhadap sistem yang kita rancang dari mulai programming sampai nanti kita harus melakukan testing terhadap sistem yang kita rancang lalu selanjutnya melatih user untuk menggunakan sistem yang sudah kita buat.

5.       Support Phase

Setelah semua tahap selesai, tahap terakhir kita adalah support. Disini kita harus memastikan sistem sudah berjalan dengan baik dan melakukan pengembangan jika diperlukan.

 

23 Juni 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat