Pengertian Align To pada Pengaturan Align di Adobe Illustrator

30/06/2016    Bartholo Bush Sawa    18300    Desain

Halo teman-teman, berjumpa kembali di blog Dumet School. Dalam Artikel kali ini, saya akan share sebuah penjelasan tentang Pengertian Align To pada Pengaturan Align di Adobe Illustrator. Dengan Artikel ini, diharapkan nantinya teman-teman dapat lebih mengerti lagi lebih dalam  tentang tools Align pada Adobe Illustrator, terutama untuk settingan “Align To”. Okay teman-teman, silahkan langsung saja disimak yah...

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Adobe Illustrator memiliki sebuah Tools yang dinamakan Align yang berfungsi untuk meratakan atau merapikan posisi objek secara horizontal, maupun Vertikal. Dengan Tools ini, kita tidak perlu lagi ragu-ragu dalam menentukan posisi objek misalnya titik bagian tengah, sudut, ataupun untuk jarak antar objek.

Nah dalam pengaturannya, untuk align memiliki 3 pengaturan, yaitu :

  • Align To Selection,
  • Align To Key Object, dan
  • Align To Artboard

Mari kita bahas satu per satu

Align to Selection merupakan pengaturan Align dimana posisi objek akan berpindah secara bebas berdasarkan posisi awal dari semua objek. Tidak tergantung dengan satu objek, tetapi dipengaruhi oleh keseluruhan objek, sehingga posisinya setelah dipindahkan menggunakan align, perubahannya akan berdasarkan posisi awal semua objek. Cara penggunaannya, teman-teman langsung saja klik semua objek yang ingin di Align, kemudian pilih align yang diperlukan.

 

Align to Key Object merupakan pengaturan align dimana kita bisa memindahkan objek berdasarkan salah satu objek. Misalnya kita ingin memindahkan objek lingkaran ke tengah-tengan objek kotak, tanpa mengubah posisi objek kotak sama sekali, sehingga yang bergerak hanyalah objek lingkaran saja. Cara penggunaanya, seleksi semua objek, kemudian klik salah satu objek untuk menjadi objek pusatnya.

 

Align to Artboard merupakan pengaturan Align, dimana kita bisa memposisikan objek yang kita bikin berdasarkan Artboard atau lembar kerja. Dengan Align To Artboard, kita tidak perlu lagi mengira-ngira posisi tengah dari kertas kerja, karena objek akan secara otomatis mengikuti artboard, ketika di Align. Cara penggunaanya, teman-teman bisa seleksi semua objek, kemudian pilih Align to Artboard, setelah itu, tinggal pilih align yang dibutuhhkan.

Okey teman-teman, itu tadi sedikit tips dan trik, artikel tentang pengertian Align To pada Adobe Illustrator, semoga bermanfaat...

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More
chatarrow