Penemuan-penemuan Besar Dalam Dunia Komputer

03/09/2015    Reza Indra    2664     Teknologi

Komputer adalah suatu alat yang bisa membantu manusia dalam mengelola data atau dapat melakukan perhitungan matematika. Pada awal diciptakan tentunya komputer dulu sangat berbeda dengan yang sekarang. Berdasarkan sejarahnya zaman dulu tahun 1800 -an, ilmuan-ilmuan mengembangkan komputer hanya untuk keperluan seperti perang atau pertahanan. Namun sekarang komputer sudah berevolusi menjadi kebutuhan pribadi bagi setiap orang, seperti untuk pekerjaan atau hiburan.

Nah, banyak yang bertanya kapankah awal mula pemrograman komputer itu ditemukan? dan siapa yang menemukannya? Berikut adalah daftar penemuan-penemuan besar dalam dunia komputer yang wajib anda tahu.

1. Komputer Pertama: "Difference Engine" (1821)



The "Difference Engine" adalah sebuah komputer mekanik yang digunakan untuk perhitungan matematika. Ditugaskan oleh pemerintah Inggris, Charles Babbage (alias Bapak Komputer), namun karena biaya produksi yang tinggi akhirnya mesin ini tidak pernah selesai.

2. Komputer Analitik: "Analytical Engine" (1834)



The "Analytical Engine" juga merupakan komputer yang diciptakan oleh Charles Babbage, tujuannya yakni untuk menganalisa data. Mesin ini juga tidak pernah selesai.

3. Program Komputer Pertama: Algoritma untuk menghitung angka Bernoulli (1841-1842)



Ada Lovelace adalah programmer komputer pertama di dunia yang menciptakan algoritma dan perhitungan matemetika pada tahun 1841. Salah satunya dia menciptakan algoritma untuk menghitung angka "Bernoulli" pada mesin analitis dan dianggap sebagai program komputer pertama.

4. Komputer elektromagnetik pertama: Z3 (1941)



Konrad Zuse, seorang insinyur menciptakan komputer elektromagnetik (komputer yang bekerja dengan listrik) pertama yang bernama z3. Setelah sebelumnya menciptakan komputer mekanik Z1 tetapi hanya dapat bekerja beberapa menit saja.

5. Trackball Pertama: (1946/1952)



Ralph Benjamin telah menciptakan trackball pertama di dunia. Trackball pada awanya digunakan untuk mengendalikan pesawat terbang. Kemudian Trackball diciptakan untuk mengontrol koordinat XY dari kursor pada layar monitor.

6. Penyimpanan data pertama (storage): SSEM (1948)



Untuk mengatasi kekurangan delay-line memori, Frederic C. Williams dan Tom Kilburn telah mengembangkan random access memori (RAM) perangkat penyimpanan digital pertama. SSEM (Small-Scale Experimental Machine) digunakan untuk mengimplementasikan perangkat penyimpanan lebih praktis.

7. Bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama: Plankalkul (1948)



Konrad Zuse menciptakan Plankalkul sejak tahun 1943 dan dipublikasikan pada tahun 1948.

8. Bahasa pemrograman Assembler (1949)



Assembler adalah program yang mengkonversi mnemonik (tingkat rendah) menjadi representasi numerik (kode mesin). Program Assembler berada di kode mnemonic bukan kode mesin. Kode assembler mengolah simbolis tingkat rendah ke dalam kode mesin.

9. Personal Computer Pertama : "Simon" (1950)



Simon adalah komputer digital yang terjangkau pertama yang bisa melakukan empat operasi: Saddition, negation, greater than, and selection. Output dari PC ini masih berupa kertas.

10. Graphics Display Computer Pertama: (1951)



Display komputer pertama diciptakan ada tahun 1951.

11. Bahasa pemrograman tinggi pertama: FORTRAN (1957)



Diciptakan oleh John W. Backus yang tidak menyukai penulisan program (tingkat rendah) dan memutuskan untuk menciptakan sebuah sistem pemrograman untuk membantu membuat proses lebih mudah. Sehingga munculah nama FORTRAN sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama.

12. Mouse Pertama (1963)



Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol (tombol kanan) saja.

13. Personal Computer Komersial Pertama: Programma 101 (1965)



Programma 101 adalah PC komersial pertama di dunia. Kemampuannya bisa melakukan perhitungan aritmatik (tambah, kurang, kali, bagi, akar kuadrat, nilai absolut, dan fraksi). Saat itu harganya dipatok $ 3,200 (Rp 45.500) dan berhasil menjual 44.000 unit. Diciptakan oleh Pier Giorgio Perotto dan diproduksi oleh Olivetti, produsen Italia.

14. Layar Touchscreen Pertama (1965)



Sekarang adalah era ponsel layar Touchscreen. Tapi sebenarnya teknologi Touchscreen itu sudah dibuat sejak 50 tahu lalu. Di Inggris sampai tahun 1990-an teknologi Touchscreen digunakan untuk pengendali lalu lintas udara.

15. Object Oriented Programming Pertama: Simula (1967)



Yang suka ngoding pasti tahu istilah Object Oriented Programming (OOP). Simula adalah bahasa pemrograman pertama yang menerapkan konsep OOP.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More