Penemu Ponsel Pertama, Martin Cooper

21/05/2014    Aulia Rahmah Alhafidz    3625    Artikel Bebas

Apakah ada yang mengenal Martin Cooper? Jika tidak ada saya akan memperkenalkannya kepada kalian. Tahu handphone? Tentu saja tahu. Lalu, apa hubungannya dengan handphone dan Martin Cooper? Tentu saja ada hubungannya. Martin Cooper adalah lelaki yang terahir pada tanggal 26 Desember 1928 di Chicago, Amerika yang merupakan penemu ponsel pertama.

Cooper adalah CEO dan pendiri ArrayComm, sebuah perusahaan yang bekerja dalam penelitian teknologi Smart Antena dan mengembangkan jaringan nirkabel, dan merupakan direktur Penelitian dan Pengembangan Motorola.

Martin Cooper dibesarkan di Chicago ketika terjadi masa resesi dunia. Orang tuanya adalah imigran Ukraina. Ia menerima gelar sarjana di bidang Electrical Engineering pada tahun 1950.

Cooper meninggalkan pekerjaan pertamanya di Teletype Corporation di Chicago pada tahun 1954 dan bergabung dengan Motorola , Inc ( Schaumburg , Illinois ) sebagai insinyur pembangunan senior di kelompok peralatan mobile. Ia mengembangkan banyak produk termasuk portabel pertama sistem kepolisian genggam selular seperti radio , diproduksi untuk departemen kepolisian Chicago pada tahun 1967.

Pada tahun 1960 ia berperan penting dalam mengubah lembaran teknologi informasi yang sebelumnya terbatas digunakan dalam satu bangunan tunggal menjadi semakin luas yang dapat menghubungkan antar kota. Cooper membantu memperbaiki cacat dalam kristal Motorola yang dibuat untuk radio. Hal ini mendorong perusahaan untuk memproduksi massal kristal kuarsa pertama untuk digunakan dalam jam tangan quartz.

Pada tahun 1960, John F. Mitchell menjadi kepala insinyur proyek komunikasi portabel Motorola. Pada awal 1970-an, Mitchell memberi tanggung jawab pada Cooper di divisi telepon mobil (Carphone). Mitchell dan Cooper membayangkan sebuah produk komunikasi yang tidak hanya terpaku di dalam mobil. Sehingga alat tersebut haruslah kecil dan cukup ringan untuk menjadi alat portabel. Butuh waktu 90 hari pada tahun 1972 untuk menciptakan prototipe pertama dari ide tersebut.

Cooper dan para insinyur yang bekerja untuknya, serta Mitchell mempatenkan penemuan “Radio Telephone System" yang diajukan pada 17 Oktober 1973 dengan nomor paten 3906166 dan disetujui pada September 1975 atas nama mereka. Cooper dianggap sebagai penemu pertama telepon genggam seluler (handphone) pertama dan orang pertama yang melakukan panggilan dengan prototipe ponsel genggam seluler tersebut pada 3 April 1973. Kejadian yang bersejarah tersebut disaksikan di muka umum di depan wartawan dan orang orang yang lewat di jalan kota New York. Panggilan pertama ditujukan kepada Dr. Joel S. Engel, kepala riset di Bell Labs.

first-hp-cooper


Kalimat pertama yang diucapkan adalah "Joel, I'm calling you from a 'real' cellular telephone. A portable handheld telephone."

Nah, begitulah awal handphone diciptakan, cukup besar bukan? Dan harganya pun termasuk mahal pada waktu itu. Dan lihatlah, ini perkembangan handphone dari masa ke masa. Cooper pun tak percaya handphone pada zaman sekarang bisa berbentuk kecil dan sangat canggih.

first-hp-cooper

first-hp-cooper

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow