Pemerintah China Memblokir Akses Gmail

China sebagai Negara yang sangat maju, dikenal dengan sikap pemerintahaannya yang tidak mau terlalu berbantung dengan Negara lain termasuk urusan teknologi. Setelah banyak perusahaan teknologi yang situsnya diblokir seperti Google (Plus, Search, Hangouts, dsb), Facebook, Youtube, Instagram, WordPress dan lain-lain, kini kembali lagi negara tirai bambu itu memblokir akses Gmail yakni layanan pesan milik Google.

Gmail sebagai layanan pesan elektronik terbesar di dunia tentunya mendapatkan dampak negatif akibat kebijakan pemerintah China ini, jumlah pengguna yang sangat besar di Cina tentunya akan hilang.

Pemblokiran Gmail ini adalah yang pertama terjadi di China. Alasan mengapa banyak pemblokiran situs-situs besar, sebenarnya baik karena untuk mendukung produk dari dalam negeri sendiri, misalnya seperti Baidu (mesin pencari), Taobao (ecommerce), Qq (portal), Weibo (sosial media) yang menggantikan kebutuhan rakyatnya akan situs-situs besar seperti Google, Facebook, Twitter dan lain-lain.

Walaupun kebijakan ini baik untuk Negara sendiri, namun tidak sedikit juga masyarakat China yang melakukan complain. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan masyarakat China untuk tetap bisa menggunakan Gmail, yakni bisa melalui Proxy atau VPN.

Kita tunggu saja, apakah akan ada lagi situs besar yang jadi korban?

31 Desember 2014

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat