Payung Sensor Pengirim Data Akan Turunnya Hujan

08/05/2014    Alfiana Irsyada Salma    934     Artikel Bebas

Seorang peneliti dari Belanda telah menemukan teknologi terbaru dari sebuah payung yaitu payung pintar atau biasa disebut dengan payung pendeteksi curah hujan. Payung pintar ini adalah hasil temuan Rolf Hut dari Delft University of Technology di Belanda. Payung pintar ini tidak hanya sekedar melindungi kita dari hujan tapi payung pintar ini juga bisa mendeteksi besarnya curah hujan.

Data yang dihasilkan dari payung ini bisa digunakan untuk melakukan riset dibidang air atau hidrologi. Data itu diharapkan juga bisa membantu perkiraan banjir yang sewaktu-waktu bisa melanda suatu daerah akibat curah hujan yang terlalu tinggi.

Sensor piezo merupakan sebuah alat yang memonitor perubahan cuaca diatmosfer, seperti tekanan udara yang diubah menjadi energi  kemudian ditempatkan pada payung sehingga dapat mengetahui kapan turun hujan. Sensor piezo kemudian mengumpulkan informasi tentang hujan dari data yang ditangkap oleh sensor tersebut, kemudian ditransfer menggunakan bluetooth yang informasinya akan dikirim melalui smartphone atau laptop melalui satu aplikasi yang telah dirancang khusus. Kemudian data-data tersebut  di akses ke dalam jaringan komputer. Sensor piezo tersebut terdapat di permukaan payung yang dapat mendeteksi ketika air mengenainya.

Teknologi seperti ini juga bisa membantu prakiraan cuaca menjadi lebih akurat dan terperinci, kata Thomas Bogdan, Presiden dari Universitas Corporation Atmospheric Research.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More