Operator String PHP

12/08/2014    Aulia Rahmah Alhafidz    953     Website

Hallo semua :) Hari ini kita akan membahas operator string PHP. Emm sebenarnya kita akan mempelajari operator yang bisa menyambungkan string. Apa maksudnya? Langsung saja pelajari yaa.

Operator yang digunakan adalah titik (.) dan titik sama dengan (.=). Bagaimana penggunaannya? Apa persamaan dan perbedaannya? Kita akan segera mengerti setelah mempraktekkannya. Begini contohnya :

$a = "Dumet";
$b = $a . " School";
echo $b;

echo "<br/>";

$d="Dumet";
$d .= " School";
echo $d;

Hasilnya akan menjadi seperti ini :

Dumet School
Dumet School

Hasilnya sama? Iya tentu. Masing-masing operator di atas, yaitu . dan .= memiliki fungsi menggabungkan string. Itulah persamaannya. Lalu sekarang apa perbedaannya?

Seperti yang sudah dipraktekkan, dapat kita ketahui bahwa operator titik (.) digunakan pada variabel yang berbeda. Kata "Dumet" yang merupakan $a akan bergabung dengan $b yang berisi gabungan antara $a dengan kata "School". Maka, yang akan di-echo adalah $b yang akan menghasilkan kata Dumet School.

Pada operator .= kita gunakan variabel yang sama. Jadi untuk pendeklarasian variabel tak membutuhkan variabel lain. Cukup satu variabel, variabel pertama menggunakan = dan variabel kedua menggunakan .= yang digunakan untuk menggabungkan kata. Sehingga pada saat $d di-echo akan menghasilkan kata Dumet School.

Bagaimana? Sudah paham? Semoga bermanfaat ya :) 

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More