Menginput data dengan PDO

Menginput data dengan PDO sedikit berbeda dengan menggunakan mysql extension. Setelah kita memahami apa itu PDO dan membuat koneksi ke database dengan PDO, kita akan mulai membuat input data dengan PDO ( bila belum tau cara koneksi database klik disini ). Setelah kita membuat database dan koneksi, kita akan mulai mencobanya. Database yang saya gunakan sebagai berikut :

Nama database : lat_pdo

Nama table : buku

Field – fieldnya :

 

Pertama buka text editornya dan kita akan membuat form input terlebih dahulu. Scriptnya sebagai berikut :

Kemudian kita save dan buat sebuah folder didalam folder xampp/htdocs, save dengan nama input_buku.php, pada form diatas, action menuju ke halaman proses_input.php . itu berarti kita akan membuat halaman proses_input.php. scriptnya seperti dibawah ini :

Setelah selesai save dengan nama proses_input.php di folder yang tadi kita buat di dalam folder htdocs. Pada script diatas, terdapat include “conn.php”; , conn.php sebelumnya kita sudah buat pada materi membuat koneksi dengan PDO kemarin ( klik disini ). Selanjutnya perhatikan terdapat $sql_pdo yang berisi query insert ke database. Pada bagian valuenya itu ada tanda tanya ( ? ), tanda tanya ini sebagai pengganti dari variabel yang biasa digunakan pada mysql extension. Lalu darimana value pada form bisa diambil ? untuk pengambilan value dari form itu tugasnya dari bindParam dibawahnya yang menampung hasil inputan dari masing-masing form yang kita buat. Kemudian untuk mengeksekusinya sebagai pengganti dari mysql_query , pada PDO terletak pada bagian $stmt = $koneksi->prepare($sql_pdo); . variabel $koneksi berasal dari file conn.php yang kita buat, dimana $koneksi merupakan variabel yang kita gunakan untuk menamapung koneksi ( klik disini ). Coba sekarang teman-teman jalankan pada browsernya dan coba untuk menginput data.

Oke teman-teman bagaimana ? apakah berhasil input datanya ? jika belum berhasil, coba teman-teman pelajari tutorial PDO yang ada di dumetschool dari pengenalan PDO itu sendiri sampai sekarang kia belajar insert data. Mungkin demikian sedikit yang bisa saya sampaikan. Selanjutnya kita akan coba untuk melakukan edit data dengan menggunakan PDO. Tetap di tutorial dumetschool ya. Sampai jumpa di tutorial saya berikutnya. Terima kasih.

7 Maret 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat