Menghentikan marquee dengan event onmouseover dan onmouseout

Halo teman-teman. Pada kesempatan kali ini saya akan memodifikasi efek marquee pada HTML. Apakah teman-teman tahu tag marquee ? ya, marquee adalah tag HTML yang dapat membuat text menjadi berjalan. Nah karena berjalan, saya mau coba menghentikkan text tersebut dengan menggunakan event javascript onmouseover dan onmouseout. Onmouseover adalah ketika kursor berada didalam text, lalu onmouseout itu ketika kursor berada diluar text. Nah teman-teman coba perhatikan source dan result di bawah ini :

 

See the Pen VLLKXw by fachrul ahaddin (@fachruldumet) on CodePen.

 

Coba teman-teman arahkan kursor ke tulisannya, maka tulisannya akan berhenti. Tapi ketika kursor kita jauhkan maka tulisannya kembali berjalan. Itu adalah efek dari onmouseover dan onmouseout. Coba teman-teman perhatikan HTMLnya. Pada tag marquee ada attribut onmouseover dan onmouseout. Pada atribut onmouseover ada perintah this.stop(); . itu yang membuat tulisannya berhenti dan pada onmouseout ada perintah this.start(); itu yang membuat tulisannya kembali berjalan.

Oke teman-teman, demikian sedikit yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat ya buat teman-teman semuanya. Sampai jumpa lagi pada tutorial selanjutnya. Terima kasih.

30 April 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat