Mengetahui Sistem Masking pada Adobe Photoshop

24/02/2016    Bartholo Bush Sawa    23460     Website

Halo teman-teman semua, kali ini saya akan menjelaskan kepada teman-teman semua sebuah artikel penjelasan tentang Masking pada Adobe Photoshop. Perlu teman-teman ketahui, dalam artikel ini saya menggunakan Adobe Photoshop versi terbaru yaitu Adobe Photoshop CC 2015. Mungkin teman-teman yang masih menggunakan versi CS6, masih tidak masalah, karena pada dasarnya sama saja. Okey, langsung saja yah saya berikan penjelasannya tentang Masking pada Photoshop.

Istilah Masking pada Photoshop pada dasarnya adalah digunakan untuk manipulasi gambar. Dari segi kata, Mask = "Topeng". Mask disini maksudnya adalah kita mengubah penampakan sebuah gambar atau objek, tetapi sebenarnya objek atau gambar tersebut masih tetap utuh. Sama seperti fungsi Topeng (mask), adalah gunanya untuk menyembunyikan sebagian muka asli kita, dan hal tersebut tidak mengubah muka asli kita, tetapi hanya memanipulasi muka kita sementara waktu, supaya tidak dikenali orang lain misalnya. Begitu juga Masking pada Photoshop, yang berarti kita menyembunyikan sebagian dari gambar atau objek,  tetapi sebenarnya objek tersebut masih tetap utuh. Dengan kata lain, kita akan mengapus sebagian dari gambar, kemudian dengan mudah bagian yang sudah kita hapus dapat kita kembalikan hanya dengan membalikkan warna dari foreground color ke background color saja.

Dari penjelasan diatas, apakah teman-teman masi bingung?? haha.. gpp teman-teman saya juga agk bingung ngejelasinnya musti gimana, tapi mudah-mudahan jelas ya... :D untuk lebih jelasnya, saya beri contoh, teman-teman bisa melihat biasanya ada pada Poster Film yang biasa kita lihat di bioskop. Biasanya poster film tersebut banyak sekali elemen-elemen yang dicampur. Mulai dari gambar orang, hingga gambar background diambil dari gambar-gambar yang berbeda-beda yang digabungkan menjadi 1 gambar yang utuh dan terlihat keren. Itulah sebabnya mengapa Sistem Masking sangat berguna ketika memanipulasi gambar.

Sebelum memulai Masking kita harus memunculkan Layer Mask terlebih dahulu pada bagia samping Layer gambar atau objek utama. Cara memunculkan Layer Mask adalah dengan cara klik menu Layer > Layer Mask > Reveal All.



Kemudian akan muncul sebuah Layer Mask berwarna putih pada bagian samping layer gambar.



Setelah itu kita pastikan pada bagian Foreground color dan Background color harus berwarna hitam dan Putih, atau sebaliknya, dan bukan warna lain. Teman-teman bisa perhatikan Warna Layer pada bagian Layer Mask adalah berwarna Putih, sehingga jika kita ingin menghapus bagian yang ada pada layer gambar, kita harus membuat bagian Foreground Color berwarna Hitam.



Untuk Toolsnya kita bisa menggunakan Brush Tool, dan bisa langsung kita brush pada bagian gambar yang ingin kita hapus. Silahkan perhatikan gambar GIF dibawah ini.



Okey teman-teman, itu tadi tentang penjelasan yang agak tidak terlalu singkat, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk teman-teman semua.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More