Mengenal lebih jauh dengan seorang sistem analis

Mungkin kita beranggapan bahwa pekerjaan programmer itu yanng paling pusing. Sebenarnya diatas programmer ada profesi yang lebih menentukan dalam merancang sebuah sistem. Profesi tersebut adalah sistem analis. Sistem analis merupakan orang yang menggunakan teknin analisis dan desain untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan bisnis menggunakan teknologi informasi. Sistem analis ini yang menentukan sebuah sistem yang dibuat berkualitas atau tidak. Jika dari analis sudah salah, maka pada tahap desain sampai programming akan salah total. Sistem analis lebih berperan sebagai problem solver bisnis dari pada teknis programming. Lalu hal apa saja yang harus dimiliki seorang sistem analis ? berikut beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang sistem analis.

-          Memiliki pengetahuan tentang teknologi komputer dan keahlian dalam pemrograman

-          Memahami permasalahan-permasalahan dalam bisnis.

-          Menggunakan metode logis dalam penyelesaian masalah.

-          Berpikir selangkah lebih jauh dan membuat sesuatu yang lebih bermanfaat

Lalu apakah seorang sistem analis harus bisa pemrograman ? jawabannya tentu iya. Alasannya agar sistem yang dibuatnya mudah dipahami oleh developer yang nanti akan membuat aplikasi untuk sistem tersebut. Aplikasi tersebut nantinya akan digunakan dalam proses bisnis sistem yang akan dirancang guna mempermudah pekerjaan user.

Bagaimana teman-teman ? apakah berniat menjadi seorang sitem analis?

23 Juni 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat