Mengenal React Native: Framework Untuk Membangun Mobile App Dengan JavaScript

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang membuat app mobile dengan teknologi Hybrid oleh Ionic Framework. Kali ini saya akan mengenalkan sebuah framework yang tidak kalah canggih bernama React Native. React Native adalah framework yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi mobile dengan JavaScript, beda halnya dengan Ionic Framework, React Native tidak ditujukan untuk membuat Web App, HTML App atau Hybrid App, namun React Native benar-benar ditujukan untuk membuat Real Native App.

Kelebihan React Native dibanding framework Hybrid lainnya adalah pengalaman penggunaaan aplikasinya benar-benar sangat mendekati atau bahkan tidak dapat dibedakan dari aplikasi Native. Hal inilah yang membuat saya tertarik untuk mempelajari Framework ini.

Jika framework Hybrid lainnnya menggunakan tagline "Write Once, Run Anywhere", namun React Native menggunakan tagline "Learn Once, Write Anywhere", mengapa? karena React Native menyadari adanya perbedaan UI dan UX pada setiap sistem operasi, untuk itu ia membedakan komponen-komponen untuk iOS dan Android.

Yang perlu kamu ketahui bahwa React Native adalah framework yang dikembangkan oleh Facebook, Instagram dan Komunitas jadi tidak perlu diragukan lagi untuk kualitasnya. React Native launching pada tahun 2015, merupakan pengembangan lebih lanjut dari projek React JS. React Native saat ini sudah sampai versi 0.31.

Untuk mengenal lebih lanjut tantang React Native, teman-teman dapat langsung mengunjungi websitenya di http://www.reactnative.com/ atau https://facebook.github.io/react-native/. Untuk mempelajarinya teman-teman bisa cari tutorial gratis di Youtube atau yang berbayar seperti Udemy, Lynda atau Tutsplus.


21 Agustus 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat