Mengenal React Native Framework Part 2

React Native adalah framework JavaScript untuk membangun aplikasi berbasis mobile "Android & iOS". Walaupun masih dalam tahap pengembangan dan percobaan, React Native sudah banyak diimplementasikan pada Aplikasi-aplikasi terkenal seperti Facebook, Instagram, SoundCloud dan masih banyak lagi.

Setelah saya mencicipi menggunakan React Native, ternyata framework ini punya keunggulan dan kekurangan jika dibanding dengan Aplikasi Native.

Dari sisi keunggulan,

1. Dengan React Native, kita bisa membuat aplikasi Android dan iOS hanya dalam satu framework.

2. untuk User-Interface, React Native sangat fleksibel, kita dengan mudah dapat customize tampilan seperti warna, tinggi, padding, margin, font size dan lain-lain.

3. Dalam proses development, kita hanya perlu me-running aplikasi sekali saja, untuk me-refresh atau men-compile update-an koding dengan tinggal menekan shortcut double R (R, R).

Dari sisi kekurangan,

1. Karena React Native masih dalam tahap pengembangan, jadi framework ini masih belum stabil, karena setiap bulan masih terus dilakukan update versi minor.

2. Kita masih kesulitan membuat tampilan layout, karena belum disediakan pilihan layout layaknya Android Native, seperti basic, empty, fullscreen, login, maps dan lain-lain. Di React Native, kita harus merancangan sendiri style-nya dari nol.

3. Walaupun hasil aplikasi yang dibuat dari React Native sangat baik, dari sisi performa dan feeling pengguna. Namun tetap saja tidak dapat mengalahkan performa versi native (Android dan iOS) apalagi untuk membangun aplikasi dengan fitur yang sangat canggih.

11 Desember 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat