Mengenal React, Library JavaScript Buatan Facebook

Apakah kamu pernah berfikir mengapa performa Facebook dan Instagram sangat stabil? Itu karena mereka menggunakan library JavaScript bernama React. React adalah library yang diciptakan oleh Facebook, Instagram dan Komunitas yang sangat powerful untuk membangun user interface. Jika anda mengenal pola MVC (Model-View-Controller), maka React hanya fokus pada V dari MVC.

React menggunakan format JSX, yang memungkinkan kita menulis kode HTML/XML di dalam JavaScript. Jika pada umumnya JavaScript disisipkan ke dalam HTML, namun React menggunakan cara dimana HTML disisipkan ke dalam JavaScript. Nantinya JSX akan tetap dicompile menjadi format JavaScript sebelum dijalankan, itulah sebab mengapa React memiliki performa sangat cepat.

Beda dengan AngularJS yang membuat module-modulenya sendiri, React lebih bergantung pada JavaScript native atau asli. Sehingga untuk mempelajari React, kita harus terlebih dahulu perdalam sintak-sintak JavaScript (EcmaScript 5) dan EcmaScript 6 (versi terbaru).

Saat ini Facebook tengah mengembangkan React Native, merupakan Framework untuk membangun real iOS dan Android Aplikasi menggunakan library React.

26 September 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat