Mengenal Lebih Dalam Perbedaan PNG, JPEG dan GIF

Teman-teman pasti pernah melihat atau bahkan tidak asing lagi dengan format-format gambar seperti PNG, JPEG dan GIF, khususnya bagi yang pernah belajar desain grafis ya. Format-format gambar tersebut paling banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk sampul majalah, gambar-gambar dalam website atau animasi. Nah, namun sebenarnya apa sih perbedaan paling mendasar pada format gambar tersebut dan pada saat kapan kita wajib menggunakan salah satunya? Kebetulan sekarang saya akan menjelaskannya untuk teman-teman, jadi jangan khawatir.

JPEG

JPEG merupakan singkatan dari Joint Photographics Expert Group. Format gambar ini ekstensi filenya adalah *.JPEG atau *.JPG. Dikembangkan pada tahun 1986. Kelebihan dari gambar JPG adalah memiliki tingkat kompresi atau kepadatan yang tinggi serta menggunakan warna true colour (24 bit), sehingga walaupun gambar memiliki ukuran kecil, warna tampilannya tetap akurat dan kualitas gambarnya tetap terjaga. JPEG/JPG merupakan format standar untuk kamera digital atau kamera hp. Kekurangan gambar ini adalah tidak mendukung transparansi, sehingga walapun kita menghilangkan background gambarnya di Photoshop, maka hasil akhirnya background tersebut akan berubah menjadi warna putih. Format gambar JPEG sangat cocok digunakan pada gambar yang memiliki kompleksitas warna tinggi atau warna gradasi, serta nuansa terang dan gelap.

Contoh gambar JPEG/JPG dengan background putih.



PNG

PNG singkatan dari Portable Network Graphic dengan ekstensi *.PNG. Dikembangkan pada tahun 1995. Keunggulan gambar PNG dibanding JPEG adalah mendukung gambar dengan background transparan atau semi transparan. Gambar-gambar PNG sangat cocok digunakan pada gambar yang memiliki transparansi atau efek fading, misalnya logo. PNG banyak dipakai untuk kebutuhan website seperti banner iklan, logo website, background dan icon.

Contoh gambar JPEG/JPG dengan background transparent.



GIF

GIF singkatan dari Graphic Interchange Format, ekstensi filenya adalah *.GIF. Format gambar GIF diperkenalkan oleh CompuServe pada tahun 1987 dan digunakan secara luas untuk keperluan wesite. Keunggulan gambar GIF adalah mendukung animasi atau gambar bergerak serta memiliki ukuran file yang lebih ringan.

Walaupun sekarang format gambar JPEG dan PNG mendukung gambar yang bergerak, namun size file jauh lebih besar. Sehingga gambar GIF tetap menjadi pilihan yang utama. GIF juga mendukung transparansi.

Contoh gambar GIF dengan efek animasi

Contoh gambar JPEG yang diconvert menjadi GIF.

3 Juli 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat