Mengenal Layanan Internet Dan Fungsinya

Internet merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa terpisahkan kini. Awalnya internet hanya ditujukan untuk pengembangan persenjataan militer Amerika Serikat. Namun, saat ini sudah beralih fungsi menjadi jaringan global yang bisa menyimpan banyak bentuk informasi di seluruh dunia. Berikut ini kita akan sama – sama mengenal layanan internet dan fungsinya.

Saat ini berbagai macam layanan internet secara gratis sudah bisa didapatkan dan semuanya mempunyai dampak positif maupun negative tergantung dari bagaimana kita dengan bijak menggunakan semua layanan tersebut. Berikut ini kalian akan mengenal layanan internet dan fungsinya agar para pengguna bisa pahami.

Pertama, E – Mail. Layanan internet pertama yang akan kita bahas ialah E – mail atau surat elektronik yang merupakan layanan internet yang banyak digunakan masyarakat di seluruh dunia. Alamat email yang merupakan sebuah identitas diri pribadi, karena dengan email kita mampu bertukar surat, gambar, atau data dengan cepat. Email bisa dibilang pengganti alamat rumah kita. Email ada yang gratis dan berbayar, misalnya Yahoo, Gmail, Outlook, Hotmail, dan masih banyak lagi.

Kedua, World Wide Web (www). Layanan www sangat populer ditengah masyarakat dimana layanan tersebut memungkinkan pengguna untuk bisa menjelajahi halaman website yang ada di internet. Para pencari informasi di internet memanfaatkan layanan www guna mencari informasi berlimpah. Layanan www memiliki banyak manfaat baik, namun tetap saja ada dampak negatve nya jika ditawarkan untuk perjudian, pornografi, trafficking, dan masih banyak lagi. Jadi gunakanlah dengan bijak.

Ketiga, Mailing List. Layanan yang satu ini memungkinkan adanya forum diskusi antar para pemilik email di internet. Materi diskusi biasanya dikirim ke email masing – masing anggota diskusi. Penyediaan mailing list populer saat ini adalah Yahoo Groups. Kalian bisa mendiskusikan berbagai macam topik diskusi dengan menjadi anggota sebuah mailing list.

Keempat, E – Commerce. Layanan internet yang ini untuk kepentingan ekonomi, misalnya toko online. Dengan adanya layanan E – Commerce pengguna tidak perlu repot lagi repot belanja ke mall atau supermarket untuk membeli barang atau makanan yang diinginkan. Cukup membuka laptop atau gadget koneksikan ke internet, temukan toko online yang terpercaya, transfer, dan minta dikirimkan ke rumah kalian, mudah dan praktis.

Kelima, E – Banking. Kemudahan transaksi dan transfer uang real time bisa kalian dapatkan dengan menggunakan layanan internet E-Banking, hingga saat ini hampir semua bank pemerintah maupun swasta menyediakan fitur E-Banking kepada para nasabahnya. Kelebihan dari E-Banking sendiri misalnya untuk mentransfer uang jadi kalian tidak perlu datang lagi ke mesin atm, dengan begitu mentransfer uang bisa dengan cepat dilakukan, mudah bukan.

Keenam, Chatting. Layanan internet Chatting merupakan layanan favorite para kalangan muda. Chatting merupakan kegiatan berbincang – bincang melalui teks antar para pengguna internet di seluruh dunia. Salah satu aplikasi chatting yang sering digunakan ialah IRC (Internet Relay Chat), yakni sebuah protokol yang memungkinkan semua user internet saling terhubung dan berbincang pada sebuah channel.

Ketujuh, VOIP. Layanan internet yang satu ini merupakan Voice Over Internet Protocol (VOIP) ialah layanan internet yang memungkinkan pembicaraan via telepon tanpa dipungut biaya (Gratis). Kalian hanya memerlukan koneksi internet tanpa harus membayar pulsa telepon. Banyak VOIP server gratis yang bisa pengguna gunakan untuk layanan internet ini salah satunya yang paling terkenal di Indonesia ialah VOIP rakyat.

Bagaimana teman – teman sekarang sudah mengenal layanan internet dan fungsinya dengan jelas, bukan. Kalian bisa memilih dengan benar sesuai kebutuhan kalian dan menggunakannya dengan bijak. Selamat mencoba

24 Agustus 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat